Sab. Jul 4th, 2020

​Anak Sungai di Banjarmasin Beberapa Tak Terawat

1 min read

BANJARMASIN, KK – Tahun lalu beberapa anak sungai di Kota Banjarmasin dipasang papan nama oleh Dinas Bina Marga yang saat ini berubah nama menjadi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.

Papan nama ini bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat nama-nama sungai. Namun, setelah diberikan papan nama, sungai itu tampak tidak terawat.

Sebut saja seperti anak Sungai Anak Pangeran Ki 1, di Jalan Perdagangan, Banjarmasin Utara, sudah tampak banyak sekali tumbuhan air yang menutupi sungai.

Salah seorang warga yang bermukim di dekat lokasi sungai tersebut, Misrani, menyayangkan tidak terpeliharanya sungai itu. Menurutnya jika dibiarkan berlarut-larut ditakutkan tumbuhan air yang semakin banyak akan menghambat arus air yang terhubung ke muara Sungai Kuin.

“Harusnya sungai-sungai kecil seperti ini juga diperhatikan. Jangan sungai besar saja yang diperhatikan. Nanti kalau sudah banjir pemerintah juga yang repot,” ucapnya kepada wartawan Kabar Kalimantan, Selasa (7/3/2017).

Ia berharap agar dinas yang menanganai masalah sungai secepatnya membersihakan tumbuhan yang semakin banyak tersebut.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Gusti Ridwan Sofyani mengatakan, akan secepatnya melakukan pembersihan di kawasan sungai-sungai kecil, khususnya sungai Anak Pangeran Ki 1 tersebut.

“Sesegranya akan kami bersihkan tunbuhan itu, nanti kita cek semua sungai yang ada di sana,” imbuhnya.

Ditambahkannya, Dinas PU dan Penataan Ruang Kota Banjarmasin 2017 ini menganggarkan Rp17 miliar untuk pemeliharaan sungai.

Anggaran tersebut diperuntukkan guna pemeliharaan sungai, seperti pengerukan sungai yang dilakukan di Sungai Jelai, Sungai Kuripan, serta Sungai A Yani. bur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.