​Barito Putera Kalahkan Kalteng Putra 3-1

664

BANJARMASIN, KK – Barito Putera berhasil melibas tamunya, Kalteng Putra Palangka Raya dengan skor 3-1 dalam laga persahabatan di Stadion 17 Mei, Minggu (19/3/2017).

Modal kemenangan 0-2 di pertandingan pertama membuat Barito Putera tampil begitu percaya diri. Terlebih, dukungan penuh dari ribuan supporter yang memenuhi stadion membuat motivasi kian bertambah. 

Sebaliknya, Kalteng Putra yang bertindak sebagai tim tamu pun tidak memberikan perlawanan yang mudah bagi Barito. Meski kalah secara materi pemain, beberapa kali mereka kerap merepotkan pertahanan Barito. 

Pertandingan belum genap berjalan dua menit, tim tamu sudah unggul terlebih dahulu melalui pemain muda mereka, Rivaldi Bawuo. Berawal dari skema sepak pojok, pemain bernomor punggung 11 itu dengan tenang menceploskan bola ke pojok gawang Barito yang dikawal A Riyandi. 

Unggul satu gol, Kalteng Putra justu semakin leluasa mengobrak abrik pertahanan tuan rumah. Dua peluang emas berhasil mereka ciptakan pada menit ke-5 dan menit ke-8 melalui Aprisa dan Rivaldi Bawuo. Beruntung, tendangan keduanya masih melenceng. 

Pressing ketat yang ditunjukkan anak asuh Kas Hartadi, ditambah buruknya koordinasi lini tengah membuat tim kebanggan urang banua seolah kesulitan menembus pertahanan Kalteng Putra. 

Barito baru bisa keluar dari tekanan dan menyamakan kedudukan pada menit ke 34, melalui kaki Dedi Hartono. Kesalahan Mahyadi Panggabean dalam menghalau bola memudahkan Agi Pratama menggiring bola dari sisi kiri pertahanan Kalteng Putra. 

Nama terakhir lalu mengirimkan umpan silang kepada Dedi Harto yang berdiri bebas. Dengan dingin, pemain asal Lampung tersebut mengirim bola ke sudut bawah gawang Kalteng Putra yang dijaga Galih Sudaryono. Kedudukan sama kuat 1-1. Skor imbang bertahan hingga turun minum. 

Di babak kedua, Barito mencoba tampil lebih ganas. Dua peluang emas langsung mereka ciptakan. Pertama melalui Dedi Hartono yang tendangannya masih bisa diblok Galih Sudaryoni. Kemudian sundulan Aaron Evans memanfaatkan sepak pojok masih melenceng dari sasaran. 

Menit 50 Barito Putera berhasil membalikkan keadaan melaui eksekusi penalti sang Kapten, Rizky Pora. Penalti tersebut didapat setelah gelandang enerjik Amirul Mukminin dijatuhkan Usep Munandar di kotak terlarang. Meski sempat menuai protes dari pemain Kalteng Putra, namun wasit tetap bergeming dengan keputusannya. 

Rizky yang maju sebagai eksekutor, dengan dingin mengirimkan bola ke pojok Kanan atas gawang Kalteng Putra, dan membuat Galih memungut bola dari gawangnya untuk yang kedua kalinya. 2-1 Barito memimpin. 

Barito Putera kembali memperlebar jarak menjadi 3-1 pada menit 65. Adalah playmaker asal Argentina, Mattias Cordoba yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor, setelah menerima umpan silang dari Ambrizal. 

Hingga wasit Nanang Tri Wibowo meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan, skor 3-1 bertahan untuk keunggulan Barito Putera. Hasil tersebut membuat Barito berhasil memetik kemenangan secara home dan away. mud

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here