Rab. Jan 27th, 2021

​Jamang, Trofi untuk Pemenang BSF 2017-Short Video Competition

1 min read

BANJARMASIN, KK – Ukiran Banjar, Jamang, dipilih sebagai motif untuk piala pada Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) 2017-Short Video Competition. 

Sebagai bentuk penghargaan dan kepedulian terhadap warisan budaya Banua, Forum Sineas Banua (FSB) selaku pelaksana kegiatan lomba video pendek tersebut memilih ornamen ukiran kayu yang biasa digunakan sebagai mahkota bubungan (ujung atap) dan sudut-sudut atap pada rumah khas adat Banjar itu. 

Ade Hidayat, salah satu penggerak FSB menjelaskan bahwa trofi Jamang dipilih sebagai gagasan FSB untuk mewakili pemenang sekaligus sebagai bentuk citra videomaker yang ikut andil dalam berkontribusi memajukan Kota Banjarmasin.

“Tiga video terpilih akan mendapatkan penghargaan Trofi Jamang, uang pembinaan dan piagam di malam Jamang Award pada 19 Maret 2017 nanti,” ucapnya.

Diterangkan Syahriel M Nor, perupa dan pelukis kalsel yang membuat design Trofi tersebut, bahwa pada ornamen Jamang kerap ditemui motif ukiran ular (naga) dan burung enggang gading yang didestilir berbentuk bunga-bungaan. 

“Kedua makhluk tersebut dianggap mewakili simbol kehidupan dunia atas dan dunia bawah atau dikenal dengan prinsip dwi tunggal semesta yang menguasai jagat raya,” terangnya.

Ia pun merasa bangga dipercaya sebagai pembuat design trofi yang mengangkat kearifan kesenian dan tradisi daerah tersebut. Menurutnya hal tersebut merupakan sebuah terobosan baru dalam menghidupkan kembali geliat untuk mencintai kebudayaan warisan leluhur di dalam berkesenian.

Sementara itu, Aboe, perwakilan Juri untuk lomba yang berlangsung pada 1-16 Maret 2017 ini mengatakan dengan mekanisme lomba seperti ini FSB telah memberikan barometer kompetisi menjadi lebih baik. 

“Peserta tidak lagi berorientasi pada materi yang berbentuk uang dalam berkarya, namun kebanggaan tersendiri dalam hal kekaryaan,” katanya. nfi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.