Rab. Agu 12th, 2020

​Kalsel Harus Optimalkan Potensi Pendapatan Pajak

1 min read

BANJARBARU, KK – Sekdaprov Kalsel, Abdul Haris membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Sinergitas Optimalisasi Pendapatan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Kalsel yang dipimpin langsung Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Aminuddin Latif, di Hotel Novotel, Kamis (9/3/2017).

Latar belakang diadakannya kegiatan ini terkait dengan sistem atau mekanime pengolahan pajak daerah. Pada prinsipnya sama, sebagaimana diketahui pajak daerah dan retribusi daerah belum optimal memberikan kontribusi kepada Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Serta dengan tujuan Badan Keuangan Daerah bersama badan atau dinas kabupaten/kota melakukan sinergitas, pemetaan dan inventarisasi agar dapat menggali lagi potensi-potensi yang baru, sedangkan untuk potensi yang ada bisa lebih dimaksimalkan lagi. 

Seperti yang dikatakan Sekdaprov, Abdul Haris, hal-hal yang seperti itu memang harus dilakukan namun dengan catatan tidak dengan konteks memberatkan masyarakat.

“Untuk itu diharapkan agar BKD dan pemerintah kabupaten/kota dapat mengelola atau menangani pendapatan dan pengeluaran daerah,” tegasnya.

Serta untuk tunjangan pajak agar dapat dioptimalkan karena itu suatu penerimaan yang belum masuk kas daerah. “Tentu ada cara atau aturan yang berlaku kalau menunggak pajak harus seperti apa,” lanjut dia.

Sedangkan untuk kontribusi pajak pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2016 sudah melampaui target. 

Sementara itu, Kepala BKD Kalsel, Aminuddin Latif memaparkan, untuk pajak sudah melampaui target yaitu 52 persen, dan tahun ini dimaksimalkan lagi. ari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.