Jum. Jan 22nd, 2021

​Pagi Seru Bersama Komunitas Independent Cycling Banjarmasin

2 min read

BANJARMASIN, KK – Warga Banjarmasin tentu tidak asing lagi dengan olahraga yang satu ini. Sekarang bersepeda sudah menjadi gaya hidup masyarakat perkotaan. Selain untuk menghibur diri, bonus bersepeda tentu saja membakar kalori di dalam tubuh dan mengurangi timbunan lemak.

Minggu (26/3/2017) para pecinta gowes atau pesepeda di Banjarmasin tidak mau ketinggalan memanfaatkan momen liburan. Komunitas Independent Cycling (IC) yang merupakan salah satu komunitas sepeda di Banjarmasin ikut andil menikmati suasana pagi akhir pekan, tentu saja dengan mengayuh sepeda mereka.

Ketua Komunitas IC, Handy Dharma mengungkapkan dia bersama rekan-rekannya hampir tiap akhir pekan menikmati suasana pagi Banjarmasin dengan berkeliling menggunakan sepeda.

Komunitas sepeda yang berdiri sejak 27 Maret 2016 itu kini sudah mencapai 50 orang anggota. Adapun terbentuknya komunitas itu berawal dari kecintaan anggotanya dengan olahraga bersepeda. “IC adalah sebuah komunitas yang terbentuk dari kecintaan kita terhadap olahraga bersepeda,” ungkapnya.

Dengan bersepeda, tutur dia, tentu saja bisa mendapatkan berbagai manfaat, di antaranya selain untuk kesehatan tentu saja dapat membakar lemak dalam tubuh. “Bersepeda itu sehat, bebas polusi, bahkan bagi yang mau nurunin berat badan pas banget,” ujarnya sambil tersenyum.

Kegiatan komunitas itu ternyata tidak hanya sekedar bersepeda, Handy juga memaparkan komunitas yang terbentuk sejak satu tahun lalu itu tak jarang melakukan aksi sosial, seperti bersih – bersih dengan memungut sampah yang mereka dapati saat bersepeda.

Disinggung tentang bagaimana cara bergabung, dia mengatakan Komunitas IC tidak pernah menutup diri bagi siapa saja yang mau bergabung menjadi anggota. “Bagi yang ingin gabung dengan komunitas kita, gratis dan yang pasti harus punya sepeda,” tuturnya.

Dia juga menambahkan bagi masyarakat yang mau ikut silakan bergabung dengan cara mematuhi aturan komunitas yang tidak terlalu berat yaitu peraturan di IC harus empat kali ikut gowes dan mengikuti akun Instagram Independent Cycling di @independentcycling.

Seorang wanita, yang juga anggota IC, Indah mengakui dengan bergabung komunitas itu dia memperoleh keuntungan, terutama dari segi sosial.

“Dengan gabung komunitas sepeda, tentu saja ada keuntungannya, selain untuk kesehatan, kita juga tambah banyak teman,” ujar Indah.

Wanita yang bekerja di salah satu bank itu mengungkapkan dengan menjalani hobi bersepeda itu dia bisa menambah relasi dan menambah ilmu. “Selain hobi tersalur, saya juga bisa menimba ilmu dari anggota lain, terutama ilmu tentang perawatan sepeda,” ujarnya seraya kembali mengayuh sepeda gunung miliknya. hlp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.