Sab. Jul 4th, 2020

​Pedagang Pasar Kesatrian Banjarmasin Enggan Tempati Los Baru

2 min read

BANJARMASIN, KK – Pasca diresmikannya Pasar Kesatriaan II Jalan A Yani, Banjarmasin Timur oleh Wali Kota Banjarmasin beberapa bulan lalu, hingga kini para pedagang enggan mengisi los di pasar tersebut.

Itu dikarenakan keadaan los yang dibangun terlalu sempit sehingga membuat mereka lebih memilih menggelar dagangan di luar los maupun di kios mereka yang lama.

“Los yang dibuatkan terlalu sempit, susah untuk bergerak,” ujar salah satu pedagang Pasar akesatrian Banjarmasin, Jumat (3/3/2017).

Ada sekitar 20 pedagang yang memilih berdagang di kios lama atau pun di halaman pasar meski dengan meja dan terpal seadanya. Mereka merasa dengan berdagang di tempat pilihan mereka itu lebih nyaman, karena lebih leluasa dan lebih mudah menata barang dagangan.

Menanggapi keluhan tersebut, Wakil Wali Kota Banjarmasin, Hermansyah sangat menyayangkan tindakan pedagang yang memilih tidak menggunakan bangunan baru tersebut untuk tempat mereka berdagang. 

Ia mengatakan, Pasar Kesatrian yang telah direvitalisasi tersebut akhirnya kosong dan mubazir karena pedagangnya pun tidak mau memanfaatkan fasilitas yang telah dibangunkan secara permanen. 

Selain itu menurutnya, mestinya sebelum dibangun disesuaikan dulu dengan kebutuhan dan keinginan pedagang setempat, sehingga mereka pun tetap nyaman berjualan.

Ia menambahkan, Jika hal itu dibiarkan berlarut-larut maka tujuan pemerintah untuk mengurangi kekumuhan pasar akan tidak efektif. “Karena pedagangnya masih ada saja berjualan di luar bangunan yang sudah disediakan,” cetus politisi PDIP ini.

Hermansyah pun ingin agar Dinas Perdagangan bisa mengatasi keluhan para pedagang.

Sebelumnya, Wali Kota Banjramasin Ibnu Sina juga sudah menyaksikan sendiri keadaan sempitnya salah satu los yang dibangun untuk pedagang. Ia sempat mengusulkan kepada Dinas Pasar untuk mengatasi permasalahan tersebut. bur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.