​Sekdaprov Kalsel: Investasi Mendorong Perekonomian Pusat dan Daerah

BANJARMASIN, KK – Penanaman modal merupakan bagian penting dalam mendorong perekonomian. Pemerintah pusat dan daerah terus membenahi aspek yang mendorong tumbuhnya penanaman modal. Termasuk menempatkan urusan penanaman modal sebagai urusan wajib bagi pemerintah provinsi dan kabupaten/kota.

Ini disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kalimantan Selatan H Abdul Haris saat membuka kegiatan Workshop Penyusunan Rencana Umum Penanaman Modal (RUPM) provinsi dan kabupaten/kota oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia di Hotel Mercure, Kamis (23/3/2017).

Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan investasi di Indonesia, merupakan momentum yang sangat baik untuk mendorong peningkatan penanaman modal. Sekaligus meningkatkan komitmen untuk bekerja lebih baik di bidang penanaman modal.

“Komitmen Ini harus kita pelihara, agar penanaman modal di daerah kita bisa mengalami peningkatan yang lebih pesat lagi,” ucap Sekdaprov.

Upaya yang dapat dilakukan untuk peningkatan pengembangan penanaman modal yakni dengan menjalin koordinasi yang baik antar pemangku kepentingan.

Selain itu juga dengan membuat sebuah dokumen atau kajian berupa Rencana Umum Penanaman Modal (RUPM) sebagai dasar dalam mengambil kebijakan untuk pengembangan penanaman modal di daerah. “Dokumen tersebut pada dasarnya agar setiap daerah tahu apa yang dimiliki dan apa yang harus atau dikerjakan dan dilakukan,” sambungnya.

Iklim investasi harus diciptakan dengan sebaik-baiknya,yang meliputi keamanan daerah, ketersediaan infrastruktur, pelayanan perizinan yang mudah dan cepat, serta memahami secara benar aturan dan kebijakan yang terkait penanaman modal.

Investasi yang tidak datang begitu saja ke suatu daerah, kabupaten/kota provinsi nasional, hingga antar negara di dunia, telah berusaha mengalirkan masuknya investasi ke wilayah masing-masing.

“Mudah-mudahan kegiatan ini dapat menumbuhkan hasil positif untuk pembangunan yang sinergi dengan pertumbuhan investasi di Indonesia,” tutupnya. ari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here