Rab. Agu 12th, 2020

​Waduh, Wacana KPBU RS Suriansyah Banjarmasin Tak Dikoordinasikan dengan Dewan?

1 min read

BANJARMASIN, KK – Wakil rakyat di DPRD kota Banjarmasin menuding Pemkot Banjarmasin tak berkoordinasi, terkait wacana pembangunan mega proyek RS Sultan Suriansyah mengunakan sistem Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).
“Dengan dewan tidak ada informasi wacana itu, belum ada komunikasi ke kita,” ucap Ketua DPRD Kota Banjarmasin Iwan Rusmali, Selasa (7/3/2017).

Tidak adanya koordinasi ke DPRD itu pun berujung pada ketidaksetujuan terkait wacana digandengnya badan usaha baik milik negara maupun milik swasta untuk percepatan pembangunan RS.

Menurut Iwan Rusmali jika pembangunan RS dikerjasamakan dengan pihak swasta berarti tidak sesuai dengan MoU pembangunan RS secara multiyears yang sudah mereka tandatangani. “Kalau bangunan fisiknya dilakukan swasta, berarti MoU multiyears kami itu harus diubah,” ucapnya.

Menurutnya, Pemkot Banjarmasin terlalu berpikir pesimis dengan ketersediaan anggaran yang ada. Ia menghendaki pengerjaan RS tetap dengan kesepahaman awal, karena RS tersebut milik pemerintah kota. “Jangan pesimis dulu lah. Ini belum apa-apa sudah pesimis,” cetusnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Banjarmasin, Hermansyah mengatakan tujuan digandengnya pihak swasta tersebut agar pembangunan RS yang dianggarkan Rp180 miliar itu cepat selesai, agar bisa lekas dinikmati masyarakat Kota Banjarmasin.

Menurutnya, Pemkot Banjarmasin tidak ada sedikit pun niat menswastakan RS yang dibangun sejak 2015 tersebut. Tetapi ingin meminta bantuan kepada pihak swasta melalui sistem KPBU. “Tidak ada sedikit pun ingin diswastakan, tapi dikerjasamakan dengan pihak ketiga,” tegas politisi PDIP ini.

Ditambahkannya, dengan keterbatasan anggaran, ia khawatir jika semuanya ditangani pemkot, pembangunan khususnya fisik tidak kunjung selesai. “Bangun ini, rusak yang ini. Jadi kapan beroperasinya,” ucap Herman. bur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.