1.161 Kuota Tampung SMPN Masih Kosong, Disdik Lakukan Pendistribusian Satu Zona

1303
Proses pengumuman PPDB Online 2019 di SMPN 1 Banjarmasin

KabarKalimantan, Banjarmasin – Hasil seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP negeri Banjarmasin diumumkan, Senin (8/7/2019). Hasilnya masih ada 1.161 kuota tampung yang masih belum terakomodir

Ribuan kuota tampung yang belum terisi itu tersebar di 17 SMP negeri, yakni SMPN 6, 10, 13, 15, 16, 17, 18, 20, 21, 22, 23, 25, 26, 28, 29, 32 dan, 34. “Tapi jangan khawatir kami sudah buat kebijakan setelah rapat bersama kepala sekolah kemarin,” ucap Kepala Disdik Banjarmasin, Totok Agus Daryanto.

Dia mengatakan, PPDB Online resmi ditutup pada 4 Juli lalu. Dan saat ini untuk pengisian kuota tampung yang masih kosong dilakukan dengan cara distribusi jalur offline. “Jadi tidak online lagi,” imbuhnya.

Totok menjelaskan, kendati dilakukan secara offline, pendistribusian tetap mengacu pada zonasi sekolah. Dia mencontohkan, pendaftar di sekolah yang kelebihan akan digeser ke sekolah yang masih kurang. “Dengan catatan masih dalam satu zona,” jelasnya.

Proses pendistribusian ini dilakukan semalam dua hari, sejak pengumuman dilakukan. “Jadi di papan-papan pengumuman hasil PPDB juga sudah kami sampaikan, sekolah rujukan yang masih tersedia kuotanya, supaya pendaftar tidak bingung lagi mencari,” imbuhnya.

Totok mengungkapkan, problem semacam ini susah diprediksi. Bahkan dalam Permendikbud yang mengatur pelaksanaan PPDB juga sudah menyediakan payung hukum pendistribusian tersebut. “Yang dilaksanakan ini sesuai dengan pasal 14 ayat 2,” ujarnya.

Totok melanjutkan, andaikan distribusi offline satu zona ini masih belum sepenuhnya bisa mengakomodir sekolah yang kekurangan. Maka langkah selanjutnya disdik akan menjalankan planning ketiga, yakni pendistribusian ke luar zonasi.

“Ini jalan yang terakhir nanti, Jadi pendistribusian bisa keluar zona. Tapi ini masih belum disepakati. Hasil rapat kemarin masih menggunakan satu zona,” pungkasnya.

Reporter: M Syahbani

Baca Juga :   Hindari Penumpukan Pendaftar, Sistem Distribusi Per Zona Bakal Dilakukan

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here