13 Rider Hard Enduro Dunia Jajal Track Kiram Kalsel

52

KabarKalimantan, Banjarmasin – Pertama kalinya di Indonesia, Internasional Hard Enduro Race digelar di Kiram Park, Kalimantan Selatan dengan nama event Uncle Hard Enduro 2019.

Kiram Park yang memiliki perbukitan, batu, sungai, open track speed, teknikal obstacle dan tidak melewati pemukiman warga ini menjadi menu lengkap bagi para rider.

Dari sisi lain, Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor menilai, event internasional balap motor traill dunia ini dapat turut membantu perkembangan pariwisata olahraga Kalsel kepada dunia.

“Sepanjang ajang balap ini, saudara akan disuguhi tantangan dan keindahan alam yang ada di Kalimantan Selatan,” kata Gubernur Kalsel yang akrab disapa Paman Birin ini saat Gala Dinner bersama peserta Uncle Hard Enduro 2019 di Mahligai Pancasila Banjarmasin, Kamis (21/11/2019) malam.

Ia menuturkan, event Uncle Hard Enduro 2019 juga sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisata agar Kalimantan Selatan  disenangi dan dikunjungi dunia luar.

Ia berharap, event ini olahraga otomotif makin dicintai masyarakat Kalimantan Selatan dan Indonesia. Selain itu juga event Uncle Hard Enduro 2019 bukan hanya sekedar berolahraga tapi juga dapat menjalin komunikasi yang baik dengan berbagai negara dan ada hal-hal lain yang bisa dikerjasamakan antar negara.

“Semoga seluruh peserta menikmati keindahan dan pesona Kalimantan Selatan. Selalu jaga kondisi dan kesehatan demi kelancaran kegiatan,” ucap Paman Birin.

Sementara itu, Wakil Ketua Panitia The Uncle Hard Enduro 2019, Ashadi mengatakan, event ini merupakan tontonan yang menarik buat semua penggemar trail di Indonesia, karena yang  datang ke Kalimantan Selatan adalah atlet Enduro terbaik dinegaranya.

” Ada 13 peserta dan itu yang terbaik di negaranya. Mereka merupakan 10 besar Hard Enduro Race di Red Bull Romaniacs, Romania,” katanya.

Ia mengingatkan agar masyarakat langsung datang ke Kiram karena saat ini Dunia sudah melihat Kalimantan Selatan. “Untuk masyarakat Kalimantan Selatan, mari kita tonton langsung, jangan menunggu di Youtube. Mari kita promosikan Kiram sebagai Kota Enduro,” ucapnya.

Adapun menurut sang juara dunia trail, Graham Jarvis yang pernah menjajal Kiram dan Geopark Meratus mengaku track di Kalimantan Selatan sangat berbeda dengan eropa terlebih suhunya.

“Selain itu, track disini yang menarik adalah curamnya bukit dan lembah,” kata Graham Jarvis.

Ia menilai, untuk track yang ada di Kiram dan Geopark Meratus sudah layak untuk menggelar even internasional. “Semoga tahun akan datang bisa menjadi lebih besar lagi karena tracknya sangat bagus,”pungkas Jarvis.

Adapun, pembukaan Uncle Hard Enduro 2019 dilaksanakan pada Jumat (22/11/2019) siang di area Kiram Park, yang dilanjutkan dengan race prolog pada malam harinya. Kemudian, Sabtu pagi (23/11/2019) final race prolog, dan sore harinya signature track, serta Minggu (24/11/2019) jungle race.

Reporter: Syahri Ramadhan

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here