Sel. Des 1st, 2020

13 Titik Kawasan Banjarmasin Diterjang Puting Beliung, Belasan Pohon Tumbang

1 min read

BANJARMASIN, KK – Akibat angin puting beliung, Minggu (5/2/2017), menyebabkan banyak pohon tumbang tersebar pada 13 titik di Kota Banjarmasin

Ada empat pohon besar tumbang, hingga sempat mengakibatkan terganggunya lalu lintas yang sudah dibersihkan. Seperti di Jalan Pangeran Antasari, Jalan Ahmad Yani depan PDAM, dan Jalan Zafri Zam-zam.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin, Mukhyar, saat diwawancarai wartawan Kabar Kalimantan, Senin (6/2/2017).

Ia menambahkan, ada dua pohon hutan kota di lingkungan Masjid Raya Sabilal Muhtadin yang saat ini belum dibersihkan, karena kawasan tersebut tidak terlalu menggangu aktivitas masyarakat.

Untuk pohon di kawasan jalan, sebenarnya pihaknya juga sudah melakukan pembersihan dan pengecekan kondisi pohon secara rutin. Akan tetapi dengan adanya angin kencang kemarin, membuat tumbangnya pohon memang tidak bisa dihindari lagi. “Kejadian tersebut memang faktor kondisi alam,” ucap Mukhyar.

Ia mengakui, sekarang ini banyak pohon yang agak miring, akibat pemangkasan yang dilakukan pihak ketiga tidak seimbang. Padahal untuk pemangkasan dahan pohon, harus melihat kodisi pohon itu sendiri, agar ketika pohon ditiup angin kencang tetap bisa seimbang. Pemangkasan tidak sesuai ketentuan itu, alasannya karena adanya kabel listrik, kabel telepon, maupun fasilitas publik lainya.

Walaupun sebenarnya pihak ketiga tersebut, menyampaikan surat pemberitahuanya kepada DLH. Tetapi, Mukhyar menghendaki adanya koordinasi dalam setiap pemangkasan pohon. Agar mereka bisa membantu dan menentukan proses pomotongan. bur/ara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.