Sab. Jan 16th, 2021

147 Pelanggar Lalu Lintas Ikuti Sidang di PN Banjarmasin

1 min read

BANJARMASIN, KK – Sebanyak 147 pelanggar lalu lintas mengikuti sidang tilang di Pengadilan Negeri Banjarmasin, Rabu (21/12/2016).

Sidang dipimpin oleh Purjana, Hakim Pengadilan Negeri Banjarmasin dibantu Panitera Pengganti, Hadi Rahmi. Sidang pelanggaran lalu lintas (tilang) dilaksanakan pukul 09.00-11.00 Wita.

Meski berbagai peraturan sudah dikeluarkan untuk membuat situasi lalu lintas tetap tertib, namun masih banyak pengguna jalan yang tidak mengindahkan aturan-aturan tersebut.

Jenis pelanggaran yang sering terjadi meliputi menerobos lampu lalu lintas, tidak menggunakan helm, tidak menyalakan lampu kendaraan, tidak membawa surat kelengkapan berkendara, melawan arus, dan melanggar rambu-rambu lalu lintas

Dalam Operasi yang dilaksanakan oleh Polresta Banjarmasin semakin banyak pelanggar lalu lintas terjaring dan hampir 50 persen pelanggar pada umumnya merupakan anak di bawah umur.

Pelanggaran utamanya tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Penindakan Pelanggaran lalu lintas dan angkutan jalan diatur dalam Pasal 264 dan 265 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009.

Maya Sari (19) saat mengantre di pengadilan mengakui melanggar akibat tidak memiliki SIM. Alhasil, STNK sepeda motornya ditahan di kawasan Jalan Jati, Banjarmasin. “Gak apa-apa saya antre. Saya sudah izin kerja buat sidang ini. Biar saya tau prosedurnya,” ujar warga Jalan Belitung ini.

Berbeda dengan Fadli (29) atas pelanggaran mobilnya menerobos lampu merah yang dia buat, diharuskan membayar denda Rp150.000. Setelah membayar denda, ia pun dapat mengambil kembali SIM yang sempat disita. idr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.