1555 WBP di Kalsel Pecahkan Rekor MURI Bersama

156

BANJARMASIN, KK – Lantunan ayat – ayat Al-Qur’an terdengar di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) di Kalimantan Selatan serentak se-Indonesia, Sabtu (22/4/17).
Ayat – ayat suci Alquran yang dilantunkan oleh 50.000 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) seluruh Indonesia berhasil tercatat dalam Museum Rekor Indonesia atau MURI, diantaranya 1555 Orang WBP di Lapas dan Rutan Kalsel turut serta memecahkan rekor Muri para WBP melantunkan Kalam Illahi dalam kegiatan bertajuk “Khataman Al-Qur’an WBP Mengaji” sebagai rangkaian peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-53 Tahun 2017.
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Menkumham R.I) Yasonna H.Laoly mengharapkan kegiatan ini sebagai titik balik bagi para WBP agar menjadi manusia seutuhnya yang menyesali perbuatan, menyadari kesalahan, bersedia memperbaiki diri, dan berjanji untuk tidak mengulangi kembali tindak pidana yang pernah dilakukan.
“Para WBP di Kalsel turut serta memecahkan rekor muri khataman Al – Qur’an secara serentak oleh narapidana terbanyak,” katanya Kepala Divisi Pemasyarakatan Kalsel Anas Saeful Anwar kepada Kabag Humas Kanwil Andi Basmal.
Untuk mensukseskan Khataman Alquran WBP Mengaji, sebelumnya Divisi Pemasyarakatan Kalsel bersama Unit Pelaksana Teknis (UPT) telah berkoordinasi dengan perwakilan Nusantara Mengaji di Kalsel.
Sementara itu, Direktur Jenderal Pemasyarakatan, I Wayan K. Dusak menjelaskan, “Khataman Al Quran merupakan satu bentuk implementasi pembinaan kepribadian,” imbuhnya.
“Ini adalah implementasi revolusi mental sesuai Instruksi Presiden nomor 12 tahun 2016 bagi WBP beragama Islam untuk menjadi manusia seutuhnya dan lebih mendekatkan diri pada Allah SWT sekaligus memperingati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW,” tutupnya. bnd

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here