Sel. Jul 14th, 2020

176 Napi di Lapas Amuntai Dapat Remisi

1 min read

KabarKalimantan, Amuntai – Pemerintah pusat memberi potongan masa tahanan terhadap 176 orang warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIB Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU). Para narapidana ini menerima remisi seiring HUT Kemerdekaan RI ke-72 tahun 2017.

Kepala Lapas kelas IIB Amuntai, Muhammad Arsyad, mengatakan, dari 176 warga binaan, sebanyak 19 orang di antaranya adalah warga binaan kasus narkoba yang mendapat remisi 3-4 bulan. “Total yang mendapat remisi pada HUT Kemerdekaan sebanyak 176 orang, dua orang dinyatakan bebas,” ujarnya.

Menurut Arsyad, sebanyak 16 warga binaan sudah lebih dulu mendapat remisi satu bulan, disusul 160 orang menerima remisi pada HUT Proklamasi Kemerdekaan. Remisi pada peringatan HUT Kemerdekaan bagi narapidana non-kasus narkoba sebanyak 141 orang yang mendapat remisi 1-5 bulan.

Wakil Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) H. Husairi Abdi, menyatakan pemberian remisi merupakan bentuk tanggung jawab untuk memenuhi kewajiban dalam program pembinaan di lapas dan rutan. “Jadi bukan untuk memberi kemudahan atau kelonggaran supaya warga binaan cepat bebas, tapi sebagai bentuk tanggung jawab,” katanya.

Pemberian remisi sebagai bentuk apresiasi pemerintah terhadap warga binaan yang telah menunjukan prestasi, dedikasi dan disiplin tinggi dalam mengikuti program pembinaan di dalam Lapas. Selain itu, remisi mengurangi dampak negatif dari sub-kultur tempat pelaksanaan pidana serta menekan tingkat frustasi sehingga meminimalisir gangguan keamanan di dalam lapas.

“Kementerian Hukum dan HAM terus bertekad melakukan program reformasi hukum untuk memulihkan kepercayaan publik, memberikan keadilan bagi masyarakat dan kepastian hukum,” kata Husairi Abdi.

Donny Riswan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.