Kam. Jul 2nd, 2020

18 Pasien Baru Covid-19 di Batola Berasal dari Kecamatan Alalak, 1 Diantaranya Bayi Usia 1 Tahun

1 min read

KabarKalimantan, Marabahan – Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Barito Kuala kembali mengalami penambahan. Ada 18 orang lagi warga Bumi Ije Jela yang dinyatakan positif terpapar virus corona, Jumat (29/5/2020).

“Yang lebih memprihatinkan, dari 18 pasien baru terkonfirmasi positif corona itu, 1 di antaranya bayi yang baru berusia 1 tahun, dan 3 anak-anak berusia 11, 12, dan 14 tahun,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Batola dr Hj Azizah Sri Widari.

Kepala Dinas Kesehatan Batola ini menjelaskan, 18 pasien baru terkonfirmasi positif corona tersebut kesemuanya merupakan warga Kecamatan Alalak. Saat ini, sebagian sudah dikaranrina di Mess KTM dan sebagian lagi isolasi mandiri di rumah masing-masing.

“Pasien baru ini merupakan hasil rapid test massal yang menunjukkan reaktif. Kemudian dilakukan PCR dan hasilnya 18 dari 23 orang dinyatakan positif. Ini merupakan transmisi lokal, mereka kontak erat dengan pasien Covid-19,” terangnya.

Selain menyampaikan kasus terkonfirmasi baru, Azizah juga menyampaikan kabar gembira. Ada satu pasien Covid-19 yang sebelumnya dirawat di RSUD Abdul Aziz Marabahan dinyatakan sembuh, yakni pasien berkode Btl-18 berjenis kelamin laki-laki berusia 51 tahun dari Kecamatan Rantau Badauh.

“Kesembuhan Btl-18 ini diketahui dari dua kali pemeriksaan PCR yang hasilnya menyatakan negatif. Sehingga yang bersangkutan diperbolehkan pulang dan kami anjurkan untuk membatasi aktivitas atau interaksi sebagai recovery kesehatan,” katanya.

Sementara untuk perkembangan keseluruhan kasus Covid-19 di Kabupaten Batola, lanjut Azizah, saat ini berjumlah 253 kasus. Rinciannya, ODP 40 kasus, PDP 4 kasus, OTG 130 kasus, dan terkonfirmasi positif 79 kasus.

“Untuk terkonfirmasi positif, sebanyak 75 masih dalam perawatan,  3 orang sembuh dan 1 meninggal dunia,” pungkasnya.

Reporter: Mahmud Shalihin

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.