DPRD Kecewa atas Sikap Pemprov Kalsel 

KabarKalimantan, Banjarmasin– Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BP Perda) DPRD Kalsel,  H Rosehan NB mengatakan Kepala SKPD tidak menghargai DPRD Kalsel. Hal itu terbukti saat rapat BP Perda di Sekertariat DPRD Lalsel, hanya dihadiri sepuluh orang, tiga kepal dinas dan sisanya staf.
Rosehan menegaskan kehadiran kepala dinas tersebut sangat penting karena pihaknya ingin mendengar langsung komentar dan tanggapan dari masing-masing pimpinan SKPD tentang kesiapan mereka terhadap raperda yang diusulkan.

”Jangan sampai perwakilan dari SKPD yang dikirim tidak bisa menjelaskan bahkan tidak mengetahui pembahasan,” katanya  saat diwawancarai usai rapat tersebut, Senin (7/8/2017).

Kalaupun seperti itu, Rosehan mengatakan SKPD tidak perlu hadir dalam rapat. Sebab, ia ingin memastikan apakah raperda yang telah diusulkan masing-masing SKPD mau ditindaklanjuti atau tidak. Jika tidak, maka Dewan akan menjadwalkan rapat paripurna untuk perubahan jumlah usulan raperda yang masuk prolegda dan melaporkan hal itu kepada Kemendagri.

Ia meminta Biro Hukum untuk menyelesaikan permasalahan tersebut kepada SKPD yang bersangkutan, setelah menyampaikan hasilnya ke Bapem Perda untuk ditindaklanjuti.
Apabila Biro Hukum kesulitan merampungkan dengan alasan kekurangan sumber daya manusia, Rosehan akan membicarakan hal ini kepada Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, baik secara personal atau resmi kedewanan.
Namun, Rosehan optimis merealisasikan target raperda, selama terjalin kerjasama yang baik antara pihak eksekutif dan legislatif. Ada 13 raperda yang masuk daftar kedua perubahan Badan Pembentukan Perda Provinsi Kalsel 2017.

Delapan di antaranya masih dalam pembahasan, dan sisanya seperti Raperda Pertambangan Mineral dan Batubara, Raperda Pengelolaan Perikanan dan Kelautan, dan Raperda Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Daerah-daerah Terpencil di Kalsel, belum dibahas sama sekali, padahal menyisakan waktu empat bulan menjelang akhir 2017.

M. Rizal Khalqi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *