Balangan Dorong Masyarakat Menekan Resiko Bencana

Apel kesiapsiagaan bencana di Kabupaten Balangan, Selasa (14/11/2017). Redkal.com/ Hidayatullah

KabarKalimantan, Paringin – Pemkab Balangan terus berusaha menekan resiko bencana lewat Gerakan Pengurangan Resiko Bencana. Gerakan itu salah satu jurus revolusi karakter bangsa yang, salah satunya untuk menciptakan budaya aman melalui peningkatan kesadaran masyarakat dan semangat gotong royong, komunitas dan lembaga lainnya tanpa mengesampingkan kearifan lokal sebagai wujud identitas daerah.

Hal ini dikatakan oleh Bupati Balangan H Ansharuddin saat menjadi inspektur upacara pada acara Apel Kesiapsiagaan dalam rangka Gerakan Pengurangan Resiko Bencana. Bertempat di RTH Dispora Balangan, Selasa (14/11/2017).

Bacaan Lainnya

Ia menuturkan pelaksanaan apel merupakan sebuah gerakan pengurangan resiko bencana dan mitigasi bencana yang didahului komitmen pemerintah daerah mewujudkan partisipatif dalam pengelolaan kebencanaan. “Mudah-mudahan mampu berkembang dan meningkatkan kepedulian antar sesama,” ujar Ansharuddin.

Di Kabupaten Balangan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah telah melakukan program maksimal dalam pencegahan dan penangulangan bencana dikabupayen Balangan.

“Intinya penangulangan bencana ini harus ditangani bersama sama baik pemerintah, masyarakat, dan pihak swasta. Mari jaga kabupaten kita dari musibah bencana alam,” ajak Ansharuddin

Kepala BPBD Balangan Alive Loefah Love, menuturkan apel diikuti ratusan orang relawan yang terdiri dari unsur pelajar dan organisasi masyarakat dengan tujuan membangun kolaborasi yang efektif antar relawan dan lembaga pembina demi memperkuat upaya kesiapsiagaan, meningkatkannya keterampilan relawan, pengkayaan informasi tentang penanggulangan bencana, dan penguatan jiwa korsa kerelawanan.

“Tindakan kita para petugas bencana dimulai dari menganalisa risiko bencana dan harus betul betul dirasakan oleh masyarakat yang terkena musibah bencana , baik saat terjadi bencana atau pun pasca bencana,” ujar Alive.

F. M HIDAYATULLAH

Pos terkait