Kendalikan Penduduk, Kotabaru Perluas Kampung KB

Peresmian Kampung KB di Desa Mayangsari, Kecamatan Pamukan Barat, Kotabaru. Istimewa for Redkal.com

KabarKalimantan, Kotabaru – Pencanangan kampung Keluarga Berancana (KB) di desa-desa Kabupaten Kotabaru terus berlanjut. Kali ini pencanangan kampung KB tingkat desa dilaksanakan di Desa Mayangsari, Kecamatan Pamukan Barat oleh Bupati Kotabaru H Sayed Jafar bersama Ketua Tim Penggerak PKK Hj Fatma Idiana Sayid Jafar.

Kampung KB, dikelola dan diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat dalam rangka menindaklanjuti arahan dari Presiden RI. Dalam hal ini dilaksanakan guna memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat, untuk memperoleh pelayanan total program KB.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB, Rurien, menuturkan desa setempat dipilih sebagai pencanangan Kampung KB karena telah memenuhi syarat kampung KB dari aspek KB, yakni jumlah KS 0, KS 1 dan KS 2 dan standar unmett need harus 6.9, kesertaan keluarga untuk ber KB masih rendah, IUD disimpulkan, penggunaan metode kontrasepsi jangka panjang masih rendah.

Ia menambahkan, program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) senantiasa diarahkan mewujudkan NAWACITA terutama agenda ke-3 yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah daerah dan desa dalam rangka Negara Kesatuan, serta seiring dengan visi Bupati Kotabaru mewujudkan Kabupaten Kotabaru sebagai daerah unggulan dibidang Agrobisnis dan kepariwisataan serta kemandirian menuju masyarakat yang berkualitas dan sejahtera.

Bupati Kotabaru Sayid Jafar mengatakan Kampung KB merupakan salah satu bentuk / model miniature pelaksanaan total program Kependudkan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) secara utuh yang melibatkan seluruh bidang dan mitra kerja instansi terkait sesuai kebutuhan dan kondisi wilayah, serta dilaksanakan di lingkungan terendah.

“Kampung KB menjadi salah satu inovasi strategis untuk dapat mengimplementasikan kegiatan-kegiatan prioritas program kependudukan, program KB maupun Pembangunan Keluarga secara utuh dan langsung di lapangan,” ujar Sayid Jafar, seraya menambahkan pencanangan Kampung KB terus menyasar ke 21 kecamatan yang diprediksikan rampung pada akhir 2017 ini.

“Tinggal 10 lagi kampung kb yang akan dilaksanakan di Kabupaten Kotabaru ini, akan terus kita kejar klo bisa 1 hari 2 kecamatan,” kata dia.

Ia berharap pencanangan kampung KB menjadi motivasi semua elemen untuk bersama-sama menjadikan Desa Mayangsari menjadi desa yang lebih sejahtera di kemudian hari melalui program KB dan program lain yang terkait dengan peningkatan keluarga sejahtera.

ARDIANSYAH

Pos terkait