Catatan Akhir Tahun, Ini Capaian dan Target Banjarmasin

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina saat konferensi pers akhir tahun 2017, Rabu (27/12/2017). Redkal.com

KabarKalimantan, Banjarmasin – Walikota Banjarmasin Ibnu Sina mengatakan pemerintah kota berencana memfokuskan normalisasi terhadap sungai kecil dan sedang yang ada di Banjarmasin pada 2018.

“Setelah Sungai Martapura, 2018 akan dimulai lagi penataan sungai sedang dan kecil. Jika ada sarab silahkan berikan untuk menjadi masukan Pemkot Banjarmasin,” ucap Ibnu Sina saat konfrensi pers, Rabu (27/12/2017).

Bacaan Lainnya

Selain itu, orang nomor satu di Banjarmasin itu juga memaparkan keberhasilan yang diraih selama dua tahun kepimpinanyan bersama wakilnya Hermansyah, di antaranya pengentasan kawasan kumuh sekitar 152 hektar melalui berbagai program. Salah satunya Kotan Tanpa Kumuh (KOTAKU).

Juga Desember ini telah diresmikan Kampung Hijau di Kelurahan Sungai Bilu. Dimana 100 buah rumah yang menjorok kesungai mendapat bantuan Rp 5 juta guna perbaikan dan pengecetan.

“Saat ini masih tersisa sekitar 300 hektar kawasan yang akan kita benahahi nantinya,” katanya.

Kemudian di 2018 nanti akan dilakukan penanganan kawasan Kelayan Barat, serta pembangunan sanitasinya dengan menggunakan bantuan dari Bank Dunia dan ADB, serta Ausid. Tujuanya agar Jamban warga terhubung dengan pipa PD PAL.

Mantan anggota DPRD Kalsel ini juga mengungkapkan, pada periode Januari sampai November 2017 tercatat lebih dari 500 ribu wisatawan lokal dan 1.000 wisatawan manca negara datang untuk berwisata, khususnya susur sungai, maupun wisata alam yang ada di Banjarmasin.

Sedanga untuk Wira Usah Baru (WUB), di 2016 kemaren Pemkot Banjarmasin telah membentuk 625 WUB, akan tetapi yang mandiri hanya tersisa 175. Sedang 2017 kembali membentuk 747 WUB darei target capian 2500 WUb semala lima tahun.

“Juga yang tidak kalah penting di Februari 2018 mendatang Pemkot akan melonching Smart City Banjarmasin Command Center,” ujarnya.

M SYAHBANI

Pos terkait