2018, Bandara Syamsudin Noor Aplikasikan Uang Elektronik

422
Gubernur Kalsel Sahbirin Noor saat menguji coba kartu UNIK pembayaran parkir di Bandara Syamsudin Noor, Kamis (21/12/2017). dokumen Redkal.com

KabarKalimantan, Banjarbaru – Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor meresmikan pembayaran parkir menggunakan Uang Elektronik (UNIK) di Bandara Syamsuddin Noor.

Menurut Paman Birin – sapaan akrab Sahbirin Noor, sistem pembayaran berbasis elektronik di Bandara Syamsuddin Noor merupakan sebuah inovasi baru.

“Ini sejarah baru buat Bandara Syamsuddin Noor karena dulu kita biasanya menggunakan uang cash untuk bayar parkir, sekarang kita sudah dapat menggunakan kartu uang elektronik”, ucap Sahbirin Noor, Kamis (21/12/2017).

Ia sempat mencoba menggunakan kartu UNIK untuk membayar parkir di Bandara Syamsuddin Noor. Sahbirin menuturkan penggunaan UNIK sangat efektif dan efisien.

“Untuk menggunakannya mudah ,kalau mau mencoba dan cepat karena tidak perlu di “angsul” ( kembalian),” ucapnya.

Sementara itu, General Manager Bandara Syamsuddin Noor, Wahyudi, mengungkapkan tujuan peluncuran sistem ini untuk memudahkan pengguna jasa di tengah era digital dan mendukung Bandara Syamsuddin Noor sebagai bandara international.

Baca Juga :   73 Praktisi Hukum Kalsel Merapat Ke Partai Golkar

“Sebagai reveneu safeguarding dengan pengurangan transaksi uang tunai, mempercepat operasional di pintu keluar karena mengurangi proses penyiapan uang kembalian, serta mendukung gerakan nasional non tunai yang digalakan pemerintah (Bank Indonesia),” kata Wahyudi.

Wahyudi menambahkan kalau sebenarnya konsep “UNIK” sudah jauh hari direncanakan, tapi baru terealisasi. Menurut dia, saat ini masyarakat mulai menggunakan uang elektronik dalam transaksi pembayaran. “Ini inovasi agar masyarakat bisa beradaptasi di era digital saat ini,” tuturnya.

Pembayaran uang elektronik disosialisasikan satu bulan ke depan. Di Syamsudin Noor, pembayaran uang elektronik efektif mulai 2018. “Bukan hanya parkir, tapi nanti perbelanjaan yang berada di dalam bandara juga akan menggunakan e-money atau sejenisnya”, katanya.

Bandara Syamsuddin Noor telah menggandeng empat bank besar yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI dan BCA untuk berkerjasama dalam sistem pembayaran parkir elektronik tersebut. Penggunaannya dengan kartu e-money Mandiri, Tapcasb BNI, Brizzi BRI dan Flazz BCA.

Baca Juga :   Dewan Minta Bandara Baru Syamsudin Noor Lebih Bagus

Wahyudi akan menggandeng perbankan lain yang belum ikut serta dalam sistem pembayaran parkir elektronik demi kemudahan masyarakat.

SYAHRI RAMADHAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here