Lagi, Polisi Temukan Sisa Uang Bank Mandiri Rp 360 Juta

Dirkrimum Polda Kalsel, Kombes Sofyan Hidayat. Redkal.com

KabarKalimantan, Banjarmasin – Tim gabungan Ditreskrimum Polda Kalimantan Selatan dan Polres Banjar menemukan kembali sebagian uang Bank Mandiri yang dirampok oleh Brigpol Jumadi dan Yongky Susanto alias Jawa. Kedua pelaku itu menggarong uang Bank Mandiri sebanyak Rp 10 miliar ketika pengawalan distribusi uang dari Bank Mandiri di Banjarmasin ke Tanjung, Kabupaten Tabalong, Kamis 4 Januari lalu.

Setelah menemukan Rp 4,4 miliar dan Rp 5,2 miliar, Polisi lagi-lagi mendapatkan uang Rp 360 juta pada Sabtu (6/1/2017). Temuan duit Rp 360 juta ini masih di tempat penemuan yang kedua di rumah kolega Yongky berinisial AP di Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar.

Bacaan Lainnya

“Masih di rumah yang kemarin, jadi sisanya, kurang lebih Rp 360 juta. Uang pecahan Rp 50 ribu sebanyak lima brot dan dua gepok, totalnya Rp 260 juta. Kemudian uang pecahan Rp 100 ribu sebanyak satu brot, jadi Rp 100 juta,” kata Direktur Ditreskrimum Polda Kalsel, Komisaris Besar Sofyan Hidayat ketika merilis temuan ketiga di Mapolda Kalsel, Sabtu malam (6/1/2018).

Menurut dia, Polisi memang baru mendapatkan lagi uang di tempat yang sama karena saat menemukan uang Rp 5,2 miliar sudah dalam kondisi petang. Namun, Polisi terus mendalami keterangan pelaku dan berhasil menemukan Rp 360 juta.

Ia belum mau membuka apakah ada peluang tersangka baru, selain Brigpol Jumadi dan Yongky. Pihaknya masih mendalami setiap keterangan pelaku dan peran setiap orang yang turut membantu penyimpanan uang curian.

“Mungkin kemarin sudah larut malam juga. Dan siang ini, anggota masih melakukan pencarian dan alhamdulliah didapatkan lagi di rumah AP,” Sofyan berkata.

Tapi, Sofyan tiba-tiba mengunci mulut ketika akan menyebutkan total uang yang sudah ditemukan dari aksi perampokan itu. “Jadi untuk diketahui total keseluruhan uang dari, besok saja, Senin, Bapak Kapolda yang menyampaikan. Saya hanya menyampaikan temuan hari ini saja,” ujar Sofyan.

Ia pun belum mau buka suara soal kasak-kusuk keterlibatan oknum institusi negara di luar Polri yang terlibat dalam aksi perampokan uang Bank Mandiri. “Oo enggak, tentunya masih kami dalami juga. Sementara tersangka masih Yongky dan Jumadi,” kata Kombes Sofyan Hidayat.

Sebelumnya, polisi menemukan uang Bank Mandiri Rp 4,4 miliar yang tertimbun tanah di rumah kerabat Brigpol Jumadi di kawasan Swargaloka, Jalan Golf, Landasan Ulin, Banjarbaru. Kemudian polisi menemukan lagi duit sebanyak Rp 5,2 miliar di sebuah rumah di Astambul, Kabupaten Banjar pada Jumat petang (5/1/2018).

“Di sebuah rumah teman tersangka Yongky dengan inisial AP di daerah Kecamatan Astambul, Martapura. Setelah dilakukan perhitungan uang barang bukti dengan jumlah Rp 5,2 miliar,” kata Kepala Polda Kalsel, Brigadir Jenderal Rachmat Mulyana ketika merilis temuan kedua di Mapolres Banjar, Jumat malam.

DP │ SYAHBANDI

Pos terkait