Pemkab Balangan Gelar Musrenbang Penyusunan RKPD 2019

KabarKalimantan, Paringin – Pemerintah Kabupaten Balangan melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) setempat menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2018 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2019.

Musrenbang yang mengusung tema “Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia dan Layanan Masyarakat melalui Pengembangan Infrastruktur yang Holistik-Tematik, Integratif dan Spasial,” yang dibuka langsung Bupati Balangan H Ansharuddin tersebut digelar di Aula Mayang Maurai Kecamatan Paringin , Rabu (4/4/2018).

Dalam laporannya, Kepala Bappeda Balangan Rusdiansyah Sofyan menyampaikan terkait dengan proses penyusunan perencanaan pembangunan yang telah, sedang dan akan dilaksanakan sebagai sebuah proses hingga menjadi peraturan Bupati tentang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2019.

“Merujuk pada Permendagri 86 Tahun 2017, maka proses penyusunan perencanaan ini telah kami mulai sejak Januari 2018 lalu. Kegiatan Musrenbang RKPD ini bertujuan untuk membahas dan menyepakati sasaran dan prioritas daerah, rencana program dan kegiatan prioritas yang disertai indikator dan target kinerja, dan kebutuhan pendanan dalam rancangan RKPD 2019,” kata Rusdiansyah Sofyan.

Musrenbang 2018 ini juga dikemas dengan kegiatan forum SKPD yang dalam bentuk Multilateral Desk. Kegiatan ini intinya adalah membahas dan menyepakati sasaran dan prioritas daerah, rencana program dan kegiatan prioritas yang disertai indikator dan target kinerja, dan kebutuhan pendanan dalam rancangan RKPD 2019 serta menyusun program dan kegiatan prioritas dengan pendekatan money follow program dan pendekatan holistik-tematik, integratif dan spasial.

Setelah kegiatan desk ini, lanjut Sofyan, maka kegiatan selanjutnya pada April adalah penyusunan Rancangan Akhir Renja dan Pra Rka SKPD dengan menggunakan aplikasi Simda Perencanaan BPKP. Selanjutnya, pada Mei 2018, Bappeda secara maraton akan melaksanakan verifikasi terhadap 41 Rancangan Akhir Renja dan Pra RKA SKPD.

“Inti dari kegiatan ini adalah untuk menjamin apa yang direncanakan SKPD adalah bertujuan untuk pencapaian dari target dan sasaran RPJMD Kabupaten Balangan Tahun 2016-2021,” terang Sofyan.

Sementara itu, Bupati Balangan H Ansharuddin yang membuka Musrenbang 2018 itu dalam sambutannya menyampaikan, Musrenbang merupakan bentuk pelaksanaan dari amanah undang-undang tentang perencanaan pembangunan, pengelolaan uang negara, prosedur dan tata pemerintahan.

“Musrenbang juga menjadi wadah kita untuk merencanakan langkah-langkah antisipasi yang diperlukan sedini mungkin, yaitu antisipasi terhadap kemungkinan-kemungkinan terburuk yang sekiranya bisa menghambat pelaksanaan program dan kegiatan yang telah kita susun,” jelas Ansharuddin.

Dengan segala perencanaan yang telah disusun, lanjut Anshar, tidak jarang juga dituntut untuk berimprovisasi bila nantinya terjadi hal-hal yang ternyata masih di luar perkiraan dan memerlukan respon sesegera mungkin. Bagaimanapun, pemerintah mengetahui bahwa masyarakat itu dinamis, dan dinamika itu bukan semata-mata berasal dari masyarakat sendiri, melainkan juga dipengaruhi oleh segala sesuatu yang datang dari luar.

Dalam hal demikian, derasnya arus informasi dan demokratisasi yang terus dikembangkan di negeri ini tentu sangat besar peranan dan pengaruhnya terhadap dinamika masyarakat, sehingga harus kita sikapi secara arif. Dan yang terpenting, segala program dan kegiatan, berikut antisipasi-antisipasi yang disiapkan, tidak peduli dari manapun datangnya, semuanya harus terarah ke titik tujuan yang sama, sehingga dapat dikatakan saling mendukung dan saling melengkapi.

“Mari kita bersama-sama berkomitmen dan menyusun perencanaan pembangunan melalui Musrenbang ini, dengan mementingkan kepentingan masyarakat melalui usulan usan agar tercipta Balangan maju dan sejahtera,” ajaknya.
Kegiatan Musrenbang 2018 ini dibuka dengan ditandai pemukulan Gong oleh Bupati Balangan yang didampingi oleh Unsur Pimpinan Muspida Balangan dan perwakilan Bappeda Provinsi Kalsel dan disaksikan peserta Musrenbang dari unsur Kepala SKPD lingkup Balangan, Camat, Lurah, Kepala Desa, Pimpinan Instansi Vertikal, Perusahaan, Ormas dan Tokoh masyarakat. (advetorial)

FM HIDAYATULLAH

Pos terkait