Trotoar A Yani Ditata, Pemkot Minta Kerjasama Pengusaha

  • Whatsapp

KabarKalimantan, Banjarmasin – Pemkot Banjarmasin berencana menata kembali trotoar di kawasan Jalan A Yani sepanjang 1,5 kilometer dari dari kilometer dua menuju arah luar kota. Tujuannya tidak lain untuk memperindah wajah kota seribu sungai ini.

“Jalan Ahmad Yani merupakan pintu gerbang masuk ke Banjarmasin. Ketika ingin orang datang akan melihat kondisi trotoar Banjarmasin yang tertata, luas dan enak dipandang. Ini tentu memberi nilai tambah bagi kota,” ucap Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina, Jumat (10/8/2018).

Bacaan Lainnya
Baca Juga :   Target Meleset, Parkir Online Terancam Gagal di Banjarmasin

Dia meminta adanya dukungan dari segala pihak. Khususnya bagi para pemilik usaha yang di tepian jalan. Mengingat, penataan trotoar akan tentu saja akan berdampak pada halaman, maupun baliho yang mereka miliki.

Ibnu mengatakan, bagi reklame yang berada di kawasan trotoar akan dipindahkan dengan pemberian kompensasi atas kerugian yang ada. “Kondisi baliho atau reklame yang ada di sepanjang A Yani juga kurang tertata. Ada yang kelihatan maju dan mundur,” ujarnya..

Baca Juga :   Ekspor Impor Kalsel Juli Surplus US$ 526,30 Juta

Mengenai kompensasi kepada pengusaha reklame yang tergusur, Ibnu Sina memastikan Pemkot Banjarmasin akan memberi ruang khusus serta perhitungan lainnya. ”Kebijakan ini semata-mata untuk menata kota, terutama akses trotoar bagi pejalan kaki dan penyandang disabilitas agar lebih nyaman,” pungkasnya.

Sementara, Sekretaris Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Joko Pitoyo mengungkapkan, pembangunan trotoar sepanjang jalan A Yani memang sudah direncanakan tahun 2017. Bahkan jauh-jauh hari Pemko sudah melayangkan surat pada pengusaha di sepanjang Jalan A Yani.

Baca Juga :   Pemilik Bangunan Keluhkan Pendeknya Jangka Waktu Pembongkaran

Selain itu, Joko memastikan bagi baliho yang terkena dampak penataan trotoar akan mendapat reposisi “Paling lambat pekan depan kami akan melakukan dialog dengan para pengusaha. Karena memang pelaksanaan pembangunan ini sudah mulai kontrak 23 Juli nanti,’’ katanya.

M Syahbani

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *