Rab. Agu 12th, 2020

2019, Program UHC Kabupaten Balangan Tetap Dijalankan

2 min read

KabarKalimantan, Paringin – Program pelayanan kesehatan gratis yang dijalankan Pemkab Balangan dalam bentuk Universal Health Coverage (UHC) atau jaminan kesehatan semesta yang sudah berjalan dua tahun terakhir kembali akan dijalankan.

Program UHC yang dijalankan Pemkab Balangan ini ditujukan untuk memberikan jaminan pelayanan kesehatan bagi seluruh warga Balangan tanpa terkecuali.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, H Ahmad Nasa’i menyampaikan, sama seperti tahun sebelumnya untuk menjalankan program UHC tahun 2019 ini, Pemkab Balangan menyiapkan dana sekitar Rp 24 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk pembiayaan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

“Untuk anggaran murni 2019 ini kami sudah mengangarkan sekitar Rp 18 miliar untuk pembayaran premi ke BPJS terkait program UHC ini, sedangkan sisanya akan kami tutupi melalui anggaran perubahan nantinya,” ujar Nasa’i kepada wartawan Kabar Kalimantan, Senin (7/1).

Baca Juga :   Membanggakan, Penyair Balangan Wakili Kalsel Tampil di Kelantan

Program UHC sendiri merupakan kerja sama Pemerintah Kabupaten Balangan dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, yaitu dengan menjadikan seluruh masyarakat yang namanya terdaftar dalam database kependudukan Kabupaten Balangan sebagai peserta JKN dengan menggunakan dana APBD.

Terkait jumlah penduduk yang dicakup program UHC ini sendiri, lanjut Nasa’i, tidak mengalami banyak perubahan pada tahun sebelumnya yakni, sekitar 80 ribu lebih.

“Jumlahnya fluktuasi karena adanya perubahan jumlah penduduk setiap waktunya. Nah, untuk memastikannya, setiap bulannya kami selalu melakukan verifikasi data kependudukan ini,” bebernya.

Program UHC sendiri realisasi dari instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2017 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan, bahwa para bupati untuk mengalokasikan anggaran dalam rangka pelaksanaan program jaminan kesehatan nasional.

Dalam Perpres Nomor 11 tahun 2013 tentang Perubahan Atas Perpres Nomor 12 tahun 2013 tentang Jaminan Kesehatan Pasal 6, kepesertaan jaminan kesehatan bersifat wajib dan mencakup seluruh penduduk Indonesia.

Baca Juga :   Ketua TP-PKK Balangan Buka Pelatihan Pengolahan Sasirangan di Desa Teluk Karya

Sebelumnya, Bupati Balangan H Ansharuddin menilai, adanya program UHC ini bisa memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal bagi warga Balangan.

“Mudah-mudahan dengan adanya program UHC pelayanan kesehatan bagi masyarakat ini lebih maksimal dan dirasakan manfaatnya langsung oleh masyarakat,” tandasnya.[]

FM Hidayatullah

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.