2019, Tiga Jembatan di Sungai Lulut Dibenahi

1139

KabarKalimantan, Banjarmasin – Sebagai upaya memberikan kelancaran dalam berlalulintas, tahun ini Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan berencana akan membenahi tiga jembatan di Sungai Lulut.

Sebagai salah satu jalan penghubung antar Kota Banjarmasin dan Kabupaten Banjar, sudah selayaknya ada pembenahan diinfrastrukturnya, salah satunya jembatan.

Jalan dan jembatan di kawasan daerah Sungai Lulut yang diketahui sering terjadi kemacetan dan bahkan kecelakaan ini, rencananya akan mulai dibenahi secepatnya.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalimantan Selatan, Roy Rizali Anwar saat dijumpai di Kiram Park, Desa Kiram, Kabupaten Banjar, Kamis (24/1/2019).

Roy mengatakan, tahun ini Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 20 miliar untuk pembenahan tiga jembatan di daerah Sungai Lulut itu. “Ketiganya sudah dianggarkan,” jelasnya

Ia menjelaskan, saat ini sudah memasuki persiapan lelang, dengan syarat lahan yang ada di kawasan tersebut sudah dibebaskan oleh Pemerintah Kota Banjarmasin dan Pemerintah Kabupaten Banjar.

Baca Juga :   Kalsel Persempit Gerak Perokok Aktif

“Mudah-mudahan bisa cepat lelang. Tapi, yang pasti Pemkot Banjarmasin dan Pemkab Banjar bisa sesegera mungkin juga menyelesaikan masalah lahan,” ucapnya.

Karena, menurut Roy kesuksesan dan kelancaran dalam pembangunannya bisa berjalan dengan lancar, apabila lahannya sudah tidak ada masalah. “Jadi, pengerjaannya dimulai kalau lahan sudah dibebaskan,” katanya.

Mantan Kepala Dinas PU Kabupaten Tanah Bumbu ini menuturkan, di awal Februari ini sudah mulai proses lelang, dan April akan ada kontraktor pelaksananya, dan paling lambat Juni dimulai pengerjaan di tiga jembatan tersebut.

Adapun untuk desain jembatannya nanti, Roy mengatakan, akan ada satu jembatan box girder, dan dua jembatan lengkung.

Selain itu, untuk tetap menjaga kelancaran melintas di daerah Sungai Lulut selama pengerjaan jembatannya nanti, Roy menuturkan, pihaknya akan membuatkan jembatan darurat. “Kami akan membuat jembatan daruratnya, agar lalu lintas transportasi bisa tetap berjalan,” pungkasnya.

Baca Juga :   Paman Birin : Gelorakan Semangat Hidup, Cintai Olahraga

Syahri Ramadhan

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here