Ramadhan Tahun Ini, Pasar Wadai Tak Lagi di Depan Balaikota

KabarKalimantan, Banjarmasin – Lokasi Pasar Wadai Ramadhan tahun ini tak lagi di depan Balaikota, Jalan RE Martadinata.

Pemkot Banjarmasin memutuskan untuk memilih RTH Kamboja, Jalan Anang Adenansi, sebagai lokasi digelarnya pasar yang dilaksanakan setiap Ramadhan tersebut.

Bacaan Lainnya

Ada sekitar 300 pedagang yang akan berjualan di sana. Pemkot memprioritaskan masakan khas Banjar yang dijajakan nantinya.

“Pesertanya kemungkinan dari 13 kabupaten/kota. Kami juga ingin agar pedagang banyak menampilkan masakan khas Banjar,” ucap Wakil Walikota Banjarmasin, Hermansyah, Senin (8/4/2019).

Hermansyah mengatakan, mengapa pasar wadai tak lagi digelar di depan balaikota, mengingat saat ini banyak kegiatan yang dilaksanakan di lingkungan pemkot.

Selain itu, bercermin dari tahun-tahun sebelumnya, carut-marutnya lalu lintas hingga mengganggu aktivitas pegawai pemkot menjadi catatan penting sebagai bahan evaluasi.

“Ada pembangunan restoran terapung, videotron. Juga pegawai terganggu. Sehingga kamboja lah yang paling representatif,” ujarnya.

Hermansyah mengemukan yang menjadi alasan mengapa RTH Kamboja dipilih karena juga ruang yang cukup luas, sehingga diharapkan tak terlalu mengganggu arus lalu lintas.

“Kalau untuk parkir kami akan kerjasama dengan Hotel Aria Barito. Juga untuk sementara waktu jalan di sana akan dijadikan satu arah,” imbuhnya.

Selain itu yang lebih menarik lanjut Hermansyah, keberadaan wisata air mancur menari yang ada di sana juga bisa dimanfaatkan untuk menarik masyarakat. Dan juga sebagai sarana hiburan sebelum berbuka puasa.

“Kita juga ingin mengenalkan air mancur menari. Kemungkinan sore aka dioperasikan,” bebepnya.

Jika Pasar Wadai Ramadhan di RTH Kamboja bisa berjalan lancar sesuai keinginan Pemkot. Maka tidak menutup kemungkinan lokasi itu akan dipermanenkan untuk tahun-tahun berikutnya.

“Ini baru pertama di Kamboja. Dan rencananya kalau berjalan baik ini akan ditetapkan,” pungkasnya.

Reporter: M Syahbani
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *