Saluran Drainase di Banjarmasin Perlu Perbaikan

KabarKalimantan, Banjarmasin – Legislator Banjarmasin menginginkan Pemkot segera melakukan pembenahan saluran drainase, terutama dibeberapa titik yang dinilai kerap menimbulkan genangan pada saat musim hujan tiba.

 

Bacaan Lainnya

 

“Apalagi saat ini masih musim kemarau, untuk perbaikan saluran akan lebih mudah,” kata anggota DPRD Banjarmasin, Eddy Junaidi di Gedung Dewan, Jum’at (20/9/2019).

 

 

Sebab, ujar Eddy Junaidi, ancaman genangan dan banjir itu akan tetap menjadi musuh, jika drainase, khususnya di jalan protokol tidak segera diperbaiki. Apalagi masih banyak saluran drainase yang tidak representatif.

 

 

“Seperti di kawasan Banjarmasin Tengah dan Timur, di wilayah itu, permukiman banyak yang belum memiliki saluran drainase atau masih dalam kondisi rusak,” ujarnya.

 

 

Sejauh ini katanya, belum ada langkah atau tindakan konkrit pembenahan saluran drainase yang ada di beberapa wilayah di kota ini.

 

 

Warga pun sering mengeluhkan kondisi itu, karena bangunan rumah tinggal milik mereka rawan tergenang bila terjadi hujan dengan waktu dan intensitas tinggi. “Makanya perlu ada tindakan pemerintah untuk mengantisipasi terjadinya hal ini,” ujarnya.

 

 

Politikus Partai Demokrat ini berharap, di usia Banjarmasin yang ke 493, pemerintah lebih gencar melakukan pembenahan di segala bidang. Tak terkecuali saluran drainase di wilayah yang padat penduduk.

 

 

“Kami di dewan akan mendukung program pemerintah, khususnya di sektor pembangunan. Apalagi ini juga untuk kesejahteraan warga,” jelasnya.

 

 

Salah satu warga Banjarmasin, Yusuf mengatakan, bila drainase  tidak segera dibersihkan, bukan barang baru jika jalan protokol di kota ini kembali akan tergenang air.

 

 

“Mumpung masih kemarau, kami warga berharap, Pemkot Banjarmasin melalui instansi terkait, menggali  dan membersihkan  drainase dari  lumpur dan sampah yang menghambat saluran drainase,” harapnya.

 

Reporter: Smara Aqdimul Azmi

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

 

Pos terkait