2020, UNBK Tingkat SMP di Tanah Bumbu Sudah Maksimal?

32

KabarKalimantan, Batulicin – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Tanah Bumbu masih kekurangan ribuan unit komputer dalam pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Kepala Disdikbud Kabupaten Tanah Bumbu Sartono mengatakan, pada 2019 ini komputer yang dimiliki seluruh SMPN di Tanbu hanya berjumlah 1.000 unit. Idealnya, harus ada 1.000 unit lagi agar pelaksanaan UNBK bisa maksimal.

Dengan ketersediaan 1.000 unit itu, lanjutnya, pihak sekolah hanya bisa menampung sepertiga dari jumlah 4.000 peserta UNBK dari 500 SMP di Kabupaten Tanah Bumbu.

“Dengan keterbatasan itu, pelaksanaan UNBK SMP di Tanbu hanya bisa dilakukan tiga shift, yakni pagi, siang dan sore hari,” ujar Sartono.

Ia memperkirakan, pelaksanaan UNBK SMP di Tanbu sudah bisa maksimal pada 2020 mendatang. “Kami sudah mengusulkan pengadaan komputer tambahan melalui dana APBD.  Jika disetujui pihak DPRD, maka kami akan menambah lagi 1.000 unit komputer,” katanya.

Jika sudah ada 2.000 komputer, tambah Sartono, maka pelaksanaan UNBK tak lagi dilakukan tiga shift. “Kami akan laksanakan dua shift, pagi dan sore,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Tanbu Alpiya Rahman mengatakan, pihaknya sangat setuju dengan pengusulan pengadaan komputer tersebut. “Dalam undang-undang sudah jelas, ada tiga yang harus diprioritaskan, yaitu bidang pendidikan, kesehatan dan pembangunan infrastruktur,” pungkasnya.

Reporter: Slamet Riadi

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here