17 Tahun Baumur, Pembangunan Teratur, Masyarakat Bersyukur, Pilkada Adil dan Jujur

KabarKalimantan, Paringin – “Sanggup Bagawi Gasan Masyarakat Sanggam”. Itulah julukan Kabupaten Balangan yang pada 8 April ini sudah berusia 17 tahun.

Segala sektor di kabupaten pemekaran Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) ini telah dibangun dan tingkatkan demi kenyamanan dan kesejahteraan warga Balangan, baik yang di kota sampai pelosok desa.

Bacaan Lainnya

Dari sekian banyak pembangunan yang digenjot, salah satunya yakni taman kota dan penyediaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) untuk memperindah Kabupaten Balangan serta memberikan kesan nyaman bagi masyarakat agar menghirup udara segar.

Di bawah kepemimpinan Bupati H Ansharuddin dan Wailnya H Syaifullah, Balangan terus berupaya memenuhi target RPJMD dan terwujudnya visi Pemkab Balangan periode 2016-2021, yakni terwujudnya Kabupaten Balangan yang maju dan sejahtera melalui pembangunan sumber daya manusia yang bisa dicapai secara maksimal.

“Kami tetap berkomitmen melakukan dan memberikan yang terbaik untuk daerah kita tercinta ini,” ucap Bupati Balangan H Ansharuddin.

Ansharudin menegaskan, selain fokus dengan program dan kegiatan pembangunan daerah, saat ini Pemkab Balangan juga memprioritaskan pelaksanaan penataan Balangan.

 

“Untuk menata Balangan ini, bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti membersihkan lingkungan sekitar dan mempercantik taman-taman yang ada, dengan menanam berbagai pohon dan bunga endemik Balangan,” tuturnya.

Dikatakannya, penataan taman dengan penanaman pohon dan bunga khas Kabupaten Balangan ini sudah dilakukan di beberapa RTH yang dimiliki. Hal itu tak lain bertujuan untuk melestarikan tanaman khas Balangan.

“Jika dikelola dengan baik dan maksimal, taman itu tak perlu ditanami dengan tanaman yang mahal-mahal. Yang penting keseriusan, kepedulian, kesungguhan dan kesenian dalam mengelola taman yang ada,” tambahnya.

Saat ini, Kabupaten Balangan memiliki RTH dengan luasan 29,1051 hektare yang tersebar di beberapa titik menghiasi kota. Terlihat tamannya sangat indah dan nyaman dipandang mata.

RTH itu berada di Lapangan Martasura, Kelurahan Paringin Kota kategori lapangan olahraga dengan luasan 0.8534 hektare. Kemudian, RTH Sanggam Kelurahan di Paringin Kota dengan kategori taman kota dengan luas 0.2697 hektare ditunjang dengan fasilitas tempat bermain, gazebo, panggung pentas/pertunjukkan, Selain itu, ada juga RTH Monumen Perjuangan di Kelurahan Paringin Kota yang dilengapi dengan air mancur, dan wifi gratis.

Kemudian RTH PPKB tepatnya di seberang Wisma Manyandar, Kelurahan Paringin Kota, RTH Pasar Modern di Kelurahan Paringin Kota kategori taman lingkungan komersial seluasa 0.0793 hektrare, RTH Taman Sehati di Kelurahan Paringin Selatan Taman Kota dengan luasan 0.0190 hektare, RTH Tugu Durian Maritam di Kelurahan Paringin Selatan dengan luasan lahan 0.0822 hektare.

Kemudian, RTH Taman Hijau Balangan di Kelurahan Paringin Selatan kategori taman rekreasi seluas 19.6200 hektare yang  dilengakapi dengan tempat bermain, pendopo, menara pandang, serta rumah lebah.

Ada juga RTH Taman Kejaksaan di Kelurahan Paringin Selatan kategori taman kota dengan luasan 2.1000 hekater, RTH Taman Batumandi di Kecamatan Batumandi berkategori taman rekreasi seluas 3.2600 hektare yang dilengakapi dengan tempat bermain, RTH Taman Mantimin (Welcome Balangan) di Kecamatan Batumandi  berkategori taman rekreasi seluas 0.1879 hektare,  RTH Taman Palidangan di Kelurahan Paringin Kota berkategori taman kota seluas 2.1519 hektare. Kemudian RTH Gula Habang di  Kecamatan Batumandi berkategori taman kota denga luas 0.0594 hektare serta RTH Perkim di Kelurahan Paringin Selatan berkategori taman kota seluas 0.0683 hektare.(Lipsus Hari Jadi Kabupaten Balangan ke-17)

Reporter: FM hidayatullah

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Pos terkait