Pemkab Balangan Salurkan Bantuan 95 Ton Beras

KabarKalimantan, Paringin – Sebagai wujud perhatian terhadap masyarakat kurang mampu atas dampak ekonomi pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Balangan melalui Dinas Sosial menyalurkan bantuan 13 kilogram beras untuk masing-masing kepala keluarga

Penyaluran kali ini dilakukan secara bertahap di 8 kecamatan, meliputi Kecamatan Paringin, Kecamatan Paringin Selatan, Kecamatan Batumandi, Kecamatan Lampihong, Kecamatan Juai, Kecamatan Awayan, Kecamatan Tebing Tinggi dan Kecamatan Halong.

Penyerahahan bantuan beras tahapan pertama dilakukan secara simbolis di Kecamatan Paringin Selatan yang dilakukan langsung oleh Bupati Balangan H Ansharuddin didampingi Kepala Dinas Sosial Ribowo dan Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Balangan, Kamis (9/4/2020).

Baca Juga :   Demi Jaga Budaya Khas Daerah Kalsel, HIMA-PSP ULM Banjarmasin Gelar Lokakarya Musik Panting Sedratastik Barakatan

Bupati Balangan H Ansharuddin menyatakan, pemberian bantuan beras ini setidaknya bisa meringankan beban masyarakat karena terdampak Covid-19.

“Ada sekitar 95 ton beras yang kita siapkan untuk dibagikan kepada masyarakat yang tergolong tidak mampu yang ada di Balangan ini,” ucap Bupati.

Baca Juga :   Pelamar Luar Daerah Ikut Seleksi Satpol PP Balangan

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Balangan Ribowo mengatakan, 95 ton beras tersebut diambil dari jatah cadangan pemerintah yang akan disalurkan secara bertahap dengan jumlah paket sebanyak 6.359 per kepala keluaga (KK).

“Tidak semua warga menerima bantuan tersebut. Warga yang sebelumnya menerima bantuan seperti PKH dan BPNT tidak bisa menerima bantuan beras ini karena sudah ada alokasi bantuan langsung dari pemerintah pusat,” terangnya.

Baca Juga :   Jumlah PDP di Balangan Meningkat Drastis 

Namun, lanjutnya, bantuan beras ini juga akan disiapkan bagi warga yang belum terdata melalui usulan aparat desa dan diprioritaskan bagi yang tidak mampu atau tergolong miskin.

“Intinya kita terpaku pada data, kita sadari banyak warga tidak mampu yang belum terdata, data susulan tersebut akan kita minta di aparat desa dan kecamatan. Namun kita pastikan stok bantuan beras tetap tersedia,” tandasnya.

Reporter: FM Hidayatullah
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.