Ketua DPRD Balangan Minta Pemkab Maksimal Antisipasi Karhutla

KabarKalimantan, Paringin – Ketua DPRD Balangan Ahsani Fauzan meminta pemerintah daerah setempat agar lebih maksimal dalam menangani dan mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah yang dinilai rawan terjadi.

“Saya harap lebih serius dalam penanganan karhutla. Seperti yang kita ketahui, karhutla memiliki dampak yang sangat merugikan bagi masyarakat dan lingkungan,” kata Fauzan usai apel kesiapsiagaan karhutla, Selasa (23/6/2020).

Baca Juga :   Sering Banjir, Komisi III DPRD Balangan Tinjau Drainase Komplek 25

Menurutnya, daerah yang rawan dan sering terjadi karhutla di tahun-tahun sebelumnya, bisa dijadikan sebagai pembelajaran ke depannya untuk melakukan upaya-upaya pencegahan dan penanganan.

Ia yakin, pemkab beserta instansi terkait lainnya sudah tahu wilayah mana saja yang rawan terjadi karhutla dan terkendala dalam penanganannya.

Baca Juga :   Komisi I DPRD Balangan Kujungan Kerja ke Inspektorat Paser

“Hal ini perlu dipetakan dengan baik, sehingga memudahkan dalam penanganan di wilayah tersebut apabila terjadi kebakaran. Bahkan jika diperlukan, tingkatkan langkah-langkah pencegahan sehingga tidak terjadi kebakaran,” tandasnya.

Ia mengatakan, penanganan karhutla harus melibatkan semua pihak, baik pemerintah kabupaten hingga tingkat desa untuk bersama-sama menjaga wilayahnya, agar tidak terjadi karhutla.

Baca Juga :   Candaan Warung Berujung Adu Jotos

“Saya yakin jika seluruh elemen masyarakat, saling bahu-membahu dan bekerjasama menangani karhutla, musibah karhutla akan dapat dihindari,” pungkasnya.

Reporter: FM Hidayatullah
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.