Bupati Kotabaru Antusias Ikuti Panen Raya Padi di Desa Bakau

KabarKalimantan, Kotabaru – Bupati Kotabaru H Sayed Jafar didampingi Ketua TP-PKK Kotabaru Hj Fatma Idiana Sayed Jafat beserta Kepala Dinas Pertanian Kotabaru Hairuddin menghadiri kegiatan panen raya padi di Desa Bakau, Kecamatan Pamukan Utara, Kabupaten Kotabaru, Selasa (21/7/2020).

Bacaan Lainnya

Panen padi di lahan seluas 25 Hektare itu merupakan program dalam rangka mendukung ketersediaan pangan untuk menghadapi masa pandemi Covid-19 yang hingga saat ini belum mereda.

Bupati Kotabaru H Sayed Jafar sangat mengapresiasi Dinas Pertanian Kotabaru yang telah memberikan perhatian kepada para petani di daerah-daerah terpencil demi meningkatkan produksi pertanian sehingga hasil panennya meningkat signifikan.

“Untuk mendapat panen yang lebih meningkat, saya harapkan para petani harus kompak dalam menanam serta merawat tumbuh kembang padinya. Karena kekompakan itu sangatlah penting untuk meningkatkan perekonomian para petani,” jelasnya.

Selain itu, dengan hasil panen yang meningkat ini, Sayed Jafar menaruh harapan besar kepada para petani di desa Bakau untuk tetap memperhatikan dan jangan segan melakukan koordinasi kepada para penyuluh pertanian .

“Kami juga akan selalu mengontrol kegiatan pertaniannya dan selalu memberikan dukungan melalui pemberian bantuan-bantuan demi kemajuan pertanian di daerah kita ini,” katanya.

Terlebih lagi, jelasnya, untuk mewujudkan visi misi pemerintah pada ssktor agrobisnis dan parawisata, pihaknya selalu memperhatikan kemajuan masyarakatnya yang salah satunya di bidang pertanian.

Sementata itu, Kepala Dinas Pertanian Kotabaru Hairuddin mengatakan, dulunya para petani di Desa Bakau ini menanam padi hanya untuk keperluan pangan rumah tangga dan panennya pun hanya menghasilkan padi di kisaran 3 Ton dalam satu hektarenya.

Melihat hasil panen yang begitu kecil itu, tambah Hairuddin, pihaknya bersama para penyuluh pertanian melalukan penyuluhan kepada para petani di Desa Bakau, dan memberikan bantuan bibit padi unggul serta pupuknya agar hasil produksi padinya dapat meningkatkan perekonomian sesuai dengan visi dan misi Bupati untuk peningkatan mutu intensifikasi (agrobisnis padi sawah).

“Alhamdulillah, patut kita syukuri sektor di Kotabaru ini sudah maju dan hasil panennya mencapai 6,86 Ton gabah kering perhektarenya. Saya harapkan hasil panen yang sudah meningkat ini bisa dipertahan, bahkan kalau bisa ditingkatkan lagi,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Kelompok Tani Teluk Lanan Satu, Desa Bakau Ahyat Sutriansyah mengucapkan terimakasih kepada Bupati Kotabaru yang telah ikut dalam pelaksanaan panen raya iti, serta telah memperhatikan masyarakat dalam upaya memajukan pertanian di Desa Bakau ini.

“Kami juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Dinas Pertanian Kotabaru yang telah memberikan bantuan bibit padi unggul serta pupuknya untuk meningkatkan hasil panen kami,” ujarnya.

Reporter: Ardiansyah
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Pos terkait