Bupati Ansharuddin Minta Warga Taati Perbub Wajib Masker

KabarKalimantan, Paringin – Peraturan Bupati (Perbub)  Kabupaten Balangan baru yang tertuang pada Juli 2020 kemarin dengan Nomor 58 Tahun 2020 mulai disosialisasikan ke masyarakat.

Satpol PP setempat yang bekerjasama dengan pihak TNI/Polri gencar melakukan imbauan, bahkan penertiban kepada warga tentang wajib pakai masker.

Bahkan, beberapa hari ini, sejumlah titik keramaian di pusat kota dan kecamatan dilakukan giat penertiban. Sehingga, warga yang kedapatan melanggar Perbup tersebut diminta melafalkan pancasila dan berjanji tidak mengulangi kesalahan lagi.

Sebagian di antaranya ada juga yang diberi pertanyaan tentang pengetahuan umum. Tentunya imbauan dan arahan juga diberikan kepada pelanggar.

Bupati Balangan H Ansharuddin menegaskan, Perbub yang telah keluar hendaknya ditaati oleh masyarakat. Karena menurutnya, ini usaha bersama dalam mencegah penyebaran wabah Covid-19 di Bumi Sanggam.

“Kami akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar mereka berpatisipasi dalam pencegahan penyebaran Covid-19 ,termasuk penggunaan masker yang bekerjasama dengan pihak Polres Balangan dan Kodim 1001 Amuntai-Balangan,” tegasnya, Rabu (19/8/2020).

Keberadaan Perbub baru ini, jelas Ansharuddin, memang berhubungan dengan upaya pemerintah dalam pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19. Tentunya melibatkan masyarakat di dalamnya, sehingga apabila ada pelanggaran maka berhak pula dikenakan sanksi.

“Penggunaan masker ini juga diwajibkan apabila warga beraktivitas di luar rumah. Termasuk para pedagang di dalam ruangan atau pengusaha lainnya yang berinteraksi dengan sesama,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Balangan AKBP Nur Khamid , di sela giat penegakan Perbup wajid pakai masker menyampaikan tujuan penegakan disiplin yang dilangsungkan.

Sebab, hal itu sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Balangan. Apalagi adanya kenaikan angka kasus saat dilakukan swab masif sebelumnya.

“Kami minta masyarakat mentaati aturan yang ada, dan kami harapkan masyarakat berpartisipasi secara langsung,” tandasnya.

Reporter: FM hidayatullah

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Pos terkait