TP-PKK dan Dinas P3AP2KB Kotabaru Lakukan Pembinaan TPK2D di Desa Batuah

KabarKalimantan, Kotabaru – TP-PKK Kotabaru bersama Dinas P3AP2KB melakukan Pembinaan P2WKSS/TPK2D di Desa Batuah, Kecamatan Pamukan Barat, di kantor desa setempat, Rabu (26/8/2020).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Ketua TP-PKK Kotabaru Hj Fatma Idiana Sayed Jafar, Camat Pamukan Barat Gt Abdul Wakhid, Ketua TP-PKK Kecamatan Pamukan Barat Nevi Rahayu Ningsih, Ketua TP PKK Kecamatan Sungai Durian, kepala Desa Batuah, serta SKPD terkait.

Ketua TP-PKK Kotabaru Hj Fatma Idiana Sayed Jafar menyampaikan, Desa Batuah kembali ditunjuk sebagai desa yang menjadi pembinaan dan juga penilaian untuk P2WKSS/TPK2D karena adanya kasus stunting yang menjadi sorotan, serta berkaitan pula dengan program prioritas TP-PKK dan juga masih kurangnya pemahaman tentang pendidikan.

Baca Juga :   TP-PKK Kotabaru Sosialisasikan Pelaksanaan Belajar Dari Rumah

“Semoga dengan adanya pembinaan dan penilaian ini, akan ada peningkatan SDM di Desa Batuah,” ucapnya.

Sementara itu, Camat Pamukan Barat Gt Abdul Wakhid mengharapkan, bimbingan dari TP PKK mengenai pengumpulan data untuk penilaian TPK2D dapat menjadikan Desa Batuah setara dengan desa-desa lain yang telah menerima penghargaan serupa.

Baca Juga :   Lanal Kotabaru Pamerkan Senjata Perang di Saijaan Expo 2019

Sementara itu, perwakilan Dinas P3AP2KB Hj Noor Rahmaniah menyampaikan, adanya perubahan untuk sistem pembinaan P2WKSS menjadikan TPK2D dan penilaiannya pun berubah melalui virtual. Jadi, terangnya, yang diperlukan adalah data-data akurat serta nantinya akan ada bimtek yang juga akan dilakukan secara virtual sebelum dilakukan penilaian terhadap desa.

Baca Juga :   Andi Makmur Lepas Kesebelasan Kotabaru FC U-17

“Tehnis penilaiannya masih belum bisa diketahui, apakah penilaian langsung terhadap desanya atau hanya data profilnya saja yang dikirim dan dinilai,” ujarnya.

Perlu diketahui, Tim Peningkatan Kualitas Keluarga Daerah (TPK2D) sendiri merupakan perubahan dari Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) yang mengacu pada surat edaran Gubernur Nomor 263/00376-KHPK/DPPPA Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2020.

Reporter: Ardiansyah

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.