SHM untuk Rakyat

KabarKalimantan, Batulicin – Calon Bupati Tanah Bumbu Syafruddin H Maming (SHM) sudah menunjukan perhatian luar biasa terhadap masyarakat Bumi Bersujud. Berstatus masih sebatas calon bupati, ia sudah sangat rajin membantu warga.

Lantas, bagaimana kalau menjadi bupati? Syafruddin H Maming atau akrab disapa Cuncung memastikan akan memberikan perhatian nomor satu kepada warga Tanah Bumbu. Salah satunya, ia berkomitmen untuk menyelesaikan permasalahan lahan yang dialami masyarakat Tanah Bumbu. Hal ini ia tegaskan kembali saat bersilaturahmi dengan warga Desa Maju Bersama, Batulicin.

“Kepastian hukum soal lahan yang dimiliki oleh masyarakat ini penting untuk diadvokasi. Insya Allah jika diberikan amanah, pasangan calon nomor urut 1 akan membentuk tim bantuan hukum yang khusus membantu menyelesaikan permasalahan lahan masyarakat,” katanya.

Kakak Mardani H Maming ini menuturkan, tidak sedikit warga Tanah Bumbu yang memang mengharapkan kepastian hukum terkait lahan yang dimilikinya. Keluhan ini juga terus ia terima saat menjabat sebagai anggota DPRD Provinsi Kalsel hingga menjadi anggota DPR RI.

“Ini membuat kami, pasangan Syafruddin H Maming-Muhammad Alpiya Rakhman berkomitmen agar warga mendapatkan pendampingan hukum secara gratis. Karena banyak kasusnya, memang perlu ada tim khusus dan kami siapkan programnya,” katanya.

Menurut Syafruddin, program tersebut disebut SHM untuk Rakyat atau Sertifikat Hak Milik untuk Rakyat. Ia menjelaskan menjelaskan, program tersebut bukan berarti memberikan sertifikat secara cuma-cuma ke warga, tapi warga akan mendapatkan bantuan hukum untuk menyelesaikan permasalahan lahan dan akan diurus oleh tim hukum profesional.

“Tim ini akan diisi lawyer dan ahli hukum yang memang biasa mengurus permasalahan lahan. Jika kami mendapatkan amanah, biaya advokasi hukum untuk warga ini akan ditanggung oleh pemerintah daerah,” katanya.[]

 

Tim Liputan Kabar Kalimantan

Penanggungjawab: M Ridha

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *