Paman Birin Pantau dan Kunjungi Daerah HST

KabarKalimantan, Banjarbaru – Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor dan Forkopimda memantau kondisi banjir di berbagai wilayah di Kalimantan Selatan menggunakan helikopter milik BNPB dan Basarnas, Selasa (19/1/2020).

Gubernur Kalsel yang akrab disapa Paman Birin ini usai tiba dari lawatannya tersebut di Bandara Syamsuddin Noor mengatakan, melakukan pemantauan kondisi banjir terkini lewat udara sekaligus mengunjungi Barabai HST.

“Di beberapa titik kita pantau ketinggian air sudah mulai menurun namun juga masih ada titik banjir,” katanya.

Baca Juga :   Pajak Ketua DPRD Kota Palangka Raya Menunggak

Paman Birin juga menyampaikan telah mengantarkan bantuan logistik berupa 1.000 paket sembako, bantuan perahu karet serta dana siap pakai Rp 1 miliar untuk penanganan banjir di HST. Bantuan tersebut Rp 500 juta dari Pemerintah RI dan Rp 500 juta dari Pemprov Kalsel.

“Kita sudah melakukan koordinasi dengan pemerintah di HST agar proses distribusi bantuan dapat berjalan dengan lancar dan segera dapat tersampaikan kepada masyarakat terdampak,” ucapnya.

Baca Juga :   Dewan Minta Pemkot Perjelas Realisasi Kerjasama Lahan Pelindo III

Selain itu, Paman Birin juga terus memantau kondisi banjir untuk memastikan semua warga yang terjebak banjir bisa dievakuasi dan memerintahkan semua unsur SKPD lingkup Pemerintah Provinsi untuk bergerak dan berusaha semaksimal mungkin bisa membantu warga yang terdampak.

“Bagi warga yang belum tersentuh bantuan ulun mohon maaf kalau ulun secara pribadi belum bisa mendatangi pian, tapi semua unsur dan jajaran pemprov sudah ulun arahkan untuk terus memantau dan memonitor warga yang perlu bantuan,” kata Paman Birin.

Baca Juga :   Duh, Walikota Banjarmasin Terserang 'Virus' Dilan

Sementara itu, Plt Kepala BPBD Kalsel Mujiyat mengatakan, untuk penanganan pasca banjir masyarakat yang rumahnya mengalami rusak berat nanti akan diberikan tempat penginapan sementara atau di hotel.

“Berdasarkan arahan BNPB, warga yang kehilangan tempat tinggal akan diinapkan di tempat penampungan seperti hotel,” pungkas Mujiyat.

Reporter: Syahri Ramadhan
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.