Sedekah Beras Banjarmasin, Rutinkan Sedekah Beras di Jumat Berkah

KabarKalimantan, Banjarmasin – Bersedekah tak mesti selalu dengan uang. Bisa dengan senyuman, menyumbangkan tenaga, pikiran, ilmu, bahkan hal bermanfaat lain bagi yang membutuhkan juga termasuk kategori sedekah.

Namun, beda lagi dengan komunitas yang menamakan dirinya ‘Sedekah Beras Banjarmasin’. Sesuai dengan namanya, sedekah utama yang diberikan ialah beras.

Bacaan Lainnya

Sasarannya, tentu masyarakat tak mampu yang membutuhkan uluran tangan, seperti panti asuhan, anak yatim, fakir miskin, kaum dhuafa, lansia, janda tua dan golongan yang termasuk mustahiq.

Muhammad Mustakim, founder sekaligus ketua komunitas yang bergerak di bidang sosial ini mengatakan, sedekah beras tersebut merupakan bentuk kepedulian yang tercetus dari jiwa sosialnya yang sangat tinggi dan selalu ingin berbagi kepada masyarakat tidak mampu.

Baca Juga :   Mimpi Gubernur Tampaknya Tertunda Lagi

“Aksi sosial ini kami lakukan setiap hari Jumat, sehingga kami namakan Jumat Berkah. Alhmadulillah, program ini sudah berjalan sejak awal Januari lalu,” ujar MC kondang yang akrab dengan sapaan Acim tersebut, Senin (24/5/2021).

Saban Jumat, lanjut Acim, ia dibantu enam orang relawan yang dengan tulus ikhlas membagikan beras untuk panti asuhan, kaum dhuafa, dan yang meminta-minta di jalanan.

“Dalam satu pekan itu, kami menyalurkan sebanyak 100 liter beras hasil donasi para dermawan. Sebanyak 50 liter untuk panti asuhan, dan 50 liter lagi dibagikan untuk kaum dhuafa, fakir miskin dan masyarakat yang hidup di jalanan,” paparnya.

Acim pun bersyukur, aksi sedekah beras ini banyak menuai pujian dari banyak kalangan yang melihat kegiatannya ketika diekspos di sosial media instagram dengan akun @sedekahberas.bjm.

“Awalnya program sedekah beras ini kami gerakkan sendiri. Tapi setelah banyak yang melihat video aksi kami, akhirnya banyak teman-teman yang membantu berdonasi untuk menitipkan sedekahnya melalui kami,” katanya.

Baca Juga :   Wisata Kuliner Arabian Food Kampung Arab Kembali Dibuka

Demi program sedekah beras ini terus berjalan, lanjut Acim, bayaran job endorse yang sering didapatkannya pun digantikan dengan beras. “Nah, beras sebagai bayaran endorse itu saya kumpulkan. Kemudian kita packing, baru disedekahkan setiap hari Jumat,” terangnya.

Tak hanya terfokus bersedekah di hari Jumat, komunitas Sedekah Beras Banjarmasin ini juga berusaha membantu warga yang membutuhkan.

Baru-baru ini, menindaklanjuti informasi warga, Sedekah Beras Banjarmasin mendatangi Siti Khadijah, lansia berusia 75 tahun tanpa suami, anak, saudara yang hidup sebatang kara di rumah sewa di Jalan Sutoyo S, Gang Melati Banjarmasin.

“Saat kami berkunjung kemarin, kami melihat keadaan nenek Siti Khadijah memang sangat memprihatinkan. Di sana kami memberikan bantuan beras, sembako dan sejumlah uang kepada beliau,” ujarnya.

Baca Juga :   APPSI Kalsel Keberatan atas Rencana Relokasi Reklame

Aksi sosialnya yang menuai respon positif dari kawan-kawan, para donatur yang bahkan dari kalangan pejabat, Acim pun berharap sedekah beras yang dilakukannya bisa terus berkelanjutan.

“Harapan kami program ini terus berjalan, dan kami akan menjaga amanah para donatur yang menitipkan donasinya, serta selalu istiqamah,” harapnya.

Tak lupa, Acim pun mengajak kalangan yang mempunyai rezeki lebih untuk bersedekah, menyantuni anak yatim. “Bersedekah ini tak sekadar membantu masyarakat yang membutuhkan. Tapi, bagi saya ini suatu amal untuk bekal akhirat kelak,” tandasnya.

Nah, bagi masyarakat yang ingin berdonasi bisa transfer ke nomor rekening Bank Kalsel Syariah atas nama Sedekah Beras Banjarmasin 951.03.11.99999.9, atau bisa menghubungi nomor admin yang tertera di akun istagram @sedekahberas.bjm dan bisa juga melalui direct messenger (DM).

Reporter: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.