Mesin ADM di Disdukcapil Balangan Belum Difungsikan?

KabarKalimantan, Paringin – Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) dari Kemendagri yang disediakan untuk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Balangan rupanya belum bisa digunakan.

Mesin ADM yang rencananya akan ditempatkan di Kantor Camat Paringin tersebut merupakan alat untuk mencetak dokumen administrasi penduduk, sebagaimana KTP Elektronik, Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), akta kelahiran dan akta kematian.

Baca Juga :   Kodim 1001 Tunjuk Desa Banuang Santang sebagai Tempat Pelaksanaan TTMD 106

Harapannya, keberadaan mesin ADM ini dapat mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan perihal dokumen kependudukan dari Disdukcapil.

Seyogyanya, mesin ADM tersebut rencananya akan difungsikan pada tahun ini. Namun karena terkendala anggaran, mesin itupun masih berada di Kantor Disdukcapil Kabupaten Balangan dan masih belum bisa digunakan.

Baca Juga :   Kasus Terkonfirmasi Positif Corona Meningkat, Pemkab Balangan Tambah Ruangan Karantina

Kepala Disdukcapil Kabupaten Balangan Hifziani menuturkan, keberadaan mesin ADM itu akan difungsikan, dan tinggal menunggu pemanfaatannya. Hanya saja, karena keterbatasan anggaran, mesin itupun belum difungsikan.

Selain itu, pihaknya juga masih mencari lokasi yang tepat untuk meletakan mesin tersebut. Bahkan ada rencana penambahan mesin ADM menggunakan APBD Kabupaten Balangan apabila nantinya memungkinkan.

“Penempatan mesin ADM masih seperti rencana sebelumnya. Namun karena keterbatasan anggaran, kami pun menunda penggunaan mesin tersebut,” ucap Hifziani, Senin (7/6/2021).

Baca Juga :   Bupati Ansharuddin Apresiasi Peran PGRI Bangun Balangan

Lebih lanjut terangnya, keberadaan mesin ADM itu nantinya diharapkan mampu memberikan layanan maksimal kepada masyarakat. Mengingat, mesin ini akan ditempatkan pada kantor camat setempat.

Reporter: FM Hidayatullah

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.