Pemanfaatan Lahan Pekarangan di Balangan Berpotensi Dukung Ketahanan Pangan

KabarKalimantan, Paringin – Potensi besar dalam mendukung terwujudnya ketahanan pangan berbasis keluarga, di antaranya dengan mampu memanfaatkan pekarangan disekitar rumah dengan aneka ragam jenis tanaman bermanfaat.

Hal tersebut merupakan salah satu yang didapat rombongan Ketua TP PKK Balangan, Hj Sri Huriyati Abdul Hadi yang akrab di sapa Bunda Sri Hadi, dengan memboyong tim Pokja III serta Dinas Ketahanan Pangan dari kabupaten berjuluk Bumi Sanggam.

Kunjungan kerja antar kabupaten di provinsi bertetangga dalam satu Pulau Kalimantan dengan menempuh perjalanan darat tersebut mampu terbayar oleh ilmu dan wawasan yang didapatkan tim selama berada di Provinsi Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah.

Dikatakan Bunda Sri Hadi, salah satu keberhasilan TP PKK Kabupaten Barito Utara (Barut) dalam membina dan mencontohkan pemanfaatan pekarangan sekitar rumah sebagai lahan hidup atau bermanfaat, yakni mampu dikelola bahkan sebagai sumber pangan.

“Peran para ibu rumah tangga dalam mensiasati atau memanfaatkan pekarangan rumah yang ada menjadi manfaat, tentu dengan menanam beragam jenis tanaman yang memiliki manfaat, diantaranya tanaman konsumsi, tanaman obat, bahkan mungkin tanaman hias, selain untuk keindahan juga mampu memiliki nilai ekonomis,” ujarnya usai kaji banding di Kabupaten Barut, Provinsi Kalimantan Tengah.

Pekarangan memiliki potensi besar dalam mendukung terwujudnya ketahanan pangan berbasis keluarga, baik memanfaatkan langsung potensi tanah halaman yang ada atau dengan sistem hydroponik.

“Awalnya, kaji banding ini karena hasil rakor dimana kami akan mengadakan lomba untuk program Hatinya PKK, namun dengan berbagai ilmu yang didapat dan akan kami bawa pulang, lomba bukanlah tujuan sebenarnya, akan tetapi ketika itu bisa diterapkan di masyarakat, tentu akan lebih menjadi sangat bermanfaat,” imbuh istri orang nomor satu di pemerintahan Bumi Sanggam tersebut.(adv)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *