BNNK Batola Launching Desa Bersinar di Peringatan HANI

KabarKalimantan, Marabahan – Bertepatan Peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2021, Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Barito Kuala (Batola) melaunching Desa Bersih Narkoba (Desa Bersinar), Senin (28/6/2021).

Peringatan dan peresmian Desa Bersinar yang berlangsung virtual secara nasional ini dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Batola H Rahmadian Noor, Ketua DPRD Saleh, Kepala BNNK Batola AKBP Agus Wijanarko, seluruh anggota forkopimda dilaksanakan di ruang Media Center Diskominfo.

Baca Juga :   Bantu Korban Banjir, AMPI-Ansor Saling Sokong

Diungkapkan Kepala BNNK Batola, AKBP Agus Wijanarko, pihaknya resmi mengenalkan Desa Anjir Pasar Kota 1, Kecamatan Anjir Pasar sebagai pilot project.

Diikuti Desa Pulau Suwangi, Kecamatan Alalak untuk tahun depan, namun pembinaannya berlangsung mulai tahun ini. “Jadi hari ini lauching secara nasional, kurang lebih ada 700 desa, termasuk satu desa di Batola ini,” tegas Agus.

Ia pun memaparkan, beberapa kriteria terpilihnya Desa Bersinar di antaranya rawan peredaran, adanya korban penyalahgunaan dan adanya tindak pidana narkoba. Semua itu sesuai  hasil pemetaan BNNK bersama Polres Barito Kuala.

Baca Juga :   Barito Kuala Kembali Heboh Semburan Gas Bumi

Adapun program yang dilaksanakan melalui Desa bersinar meliputi pencegahan, pembinaan hingga rehabilitasi bahi warga yang sudah terjerumus.

Sementara itu, Wabup Batola H Rahmadian Noor menyambut baik dilaunchingnya Desa Bersinar ini. Ia menilai dengan diluncurkannya program Desa Bersinar menggambarkan upaya keseriusan pihak BNNK Batola dalam membasmi penyalahgunaan narkoba, khususnya di desa yang menjadi pilot project.

Baca Juga :   Maulid, Wabup Ajak Warga Berdoa agar Pandemi Berakhir

“Langkah ini akan berdampak positif bagi desa tersebut untuk dalam upaya pemberantasan narkoba sekaligus dapat menjadi dicontoh untuk desa lainnya,” paparnya.

Rahmadi mengutarakan, bahaya narkoba berpotensi besar dalam merusak generasi muda. Sehingga dengan hadirnya Desa bersinar ini diharapkan bisa menjadi penangkal terhadap acaman bahaya narkoba bagi para genarasi muda.

Reporter: Mahmud Shalhin

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.