Zairullah Harapkan Bantuan KKS Dapat Sejahterakan Peserta KPM PKH

KabarKalimantan, Batulicin – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tanah Bumbu bekerjasama dengan BRI Unit Pagatan dan seluruh SDM Program Keluarga Harapan (PKH) melaksanakan penyaluran Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH.

Penyaluran KKS beserta buku tabungan yang dilaksanakan di kantor BRI Unit Pagatan itu diserahkan langsung  Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar secara simbolis kepada KPM PKH yang menerima, Selasa (29/6/2021) pagi.

“Penyerahan KKS dan PKH dilakukan secara serentak di sepuluh kecamatan di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu,” ujar Zairullah

Baca Juga :   13 Pasien Karantina di Hotel Medina Negatif Corona

Sementara itu, Kordinator PKH Tanah Bumbu Azhar Hanafi saat penyerahan KKS mengatakan, penyaluran KKS ini diperuntukkan bagi KPM PKH hasil validasi tahun 2020 lalu, dengan jumlah total 4.963 penerima.

“Untuk penerima kartu KKS dan buku tabungan ini terbagi dari beberapa kecamatan, diantaranya 220 KPM Kecamatan Angsana, 317 KPM di Batulicin, 378 KPM di Karang Bintang, 367 KPM di Kuranji, 892 KPM di Kusan Hilir,” kata Azhar.

Baca Juga :   Kadinkes Tanbu Minta Tenaga Kesehatan Seluruh Puskesmas Gotong Royong Bersihkan Lingkungan

Selanjutnya, kata Azhar, terdapat juga di lima kecamatan lain, diantaranya 456 KPM di Kecamatan Kusan Hulu, 597 KPM di Mantewe, 753 KPM di Satui, 528 KPM Simpang Empat dan 455 KPM di Sungai Loban.

“KPM yang telah menerima KKS bisa langsung mengecek dan melakukan tarik tunai melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang ada di BRI Unit yang sudah disediakan di masing -masing tempat penyaluran,” ujarnya.

Baca Juga :   Kampanye di Markas "Banteng', ZR Sapu Bersih Pemilih

Dalam hal ini, KPM juga mendapatkan edukasi mengenai penggunaan KKS dari pendamping PKH untuk membantu dalam proses pencairan bantuan.

Perhitungan bantuan sosial tersebut dibatasi untuk 4 orang dalam satu keluarga dan bantuan masuk sekali dalam tiga bulan ke rekening masing – masing penerima manfaat

“Semoga program ini dapat meningkatkan kesejahteraan KPM sehingga dapat membantu pemerintah dalam mengurangi angka kemiskinan di Indonesia pada umumnya dan daerah Tanah Bumbu pada khususnya,” harapnya.

Reporter: Slamet Riadi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.