Cara Belajar yang Efektif dan Menyenangkan

CARA mendapatkan belajar efektif dengan menyenangkan, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan dan dikembangkan sendiri misalnya bertanggungjawab atas dirimu sendiri sebab tanggung jawab merupakan tolak ukur sederhana dimana kamu sudah mulai berusaha menentukan sendiri prioritas, waktu dan sumber-sumber terpercaya dalam mencapai kesuksesan belajar. Pusatkan dirimu terhadap nilai dan prinsip yang kamu percaya.

Tentukan sendiri mana yang penting bagi dirimu, jangan biarkan teman atau orang lain mendikte kamu apa yang penting. Kerjakan dulu apa yang terpenting dan utama, kerjakan dulu prioritas-prioritas yang telah kamu tentukan sendiri. Jangan biarkan orang lain atau hal lain memecahkan perhatianmu dari tujuan utamamu. Anggap dirimu berada dalam situasi “co-opetition” (bukan situasi “win-win”lagi). Co-opetition merupakan gabungan dari kata “cooperation”(kata kerja) dan “competition” (persaingan).

Jadi selain sebagai teman yang membantu dalam belajar bersama dan banyak memberikan masukan atau ide baru dalam mengerjakan tugas, anggaplah dia sebagai sainganmu juga dalam kelas. Dengan begini kamu akan selalu terpacu untuk melakukan yang terbaik (do your best) didalam kelas. pahami orang lain maka mereka akan memahamimu. Ketika kamu ingin membicarakan suatu masalah akademis dengan guru atau dosenmu, misalnya mempertanyakan nilai matematika atau meminta dispensasi tambahan waktu untuk mengumpulkan tugas.

Baca Juga :   Cara Membangun Komunikasi yang Efektif

Tempatkan dirimu sebagai guru atau dosen tersebut, sekarang coba tanyakan pada dirimu kira-kira argumen apa yang paling pas dan tepat yang diberikan ketika berada dalam posisi guru atau dosen tersebut. Cari solusi yang lebih baik jika kamu tidak mengerti bahan yang diajarkan pada hari ini, jangan hanya membaca ulang bahan tersebut. Coba cara lainnya misalnya, diskusi bahan tersebut dengan guru atau dosen pengajar, teman, kelompok belajar, atau dengan pembimbing akademismu.

Mereka akan membantumu untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang dirimu sendiri secara berkesinambungan. Dengan cara ini belajar akan terasa mengasikkan dan mungkin akan mendapatkan banyak ide-ide yang cemerlang. Dan selain hal tersebut banyak cara agar belajar lebih menyenangkan dan bersumber dari banyak hal seperti bimbel. Tidak susah dalam memilih bimbel tergantung diri sendiri dalam memilihnya.

Baca Juga :   Faktor Penyebab dan Dampak Stress

Banyak faktor yang harus diperhatikan dalam memilih bimbel misalnya kualitas pengajarnya dan reputasinya,pilih tempat bimbel yang strategis dengan tempat tinggal, hal ini dilakukan untuk menghindari kejenuhan atau kebosanan, perhatikan juga kualitas materi jangan sampai bimbel yang kita pilih tidak mempunyai buku referensi dan potakan yang jelas. Pilihlah bimbel yang silabus dan target jumlah pertemuannya mempunyai rencana yang jelas, karena banyak tempat bimbel yang program mereka tidak terencana dengan baik.

Metode pengajaran dan fasilitas merupakan faktor yang sangat penting, coba perhatikan fasilitas yang diberikan oleh bimbel dan jangan lupa mengecek kebenaran fasilitas tersebut. Sebab banyak bimbel yang menawarkan fasilitas hanya dengan brosur saja tanpa kepastian yang jelas. Kalau mau sukses belajarlah dari orang-orang yang sukses pilihlah bimbel yang repotasinya sudah diakui secara nasional misalnya sudah berapa banyak alumni lulusan bimbel tersebut yang diterima di PTN.

Baca Juga :   Dampak Negatif Satu Tahun Pembelajaran Jarak Jauh

Pilihlah bimbel yang sesuai dengan keuangan anda, sebab bimbel yang mahal belum tentu bagus, tidak ada relasi antar keduanya. Bimbel yang terlalu mematok biaya terlalu tinggi justru menunjukkan manajemen yang tidak baik. Sebab terlalu boros dengan dana dan tidak efesien. Jangan memilih tempat bimbel yang terdekat dengan kantor pusat cabangnya atau dipusat bimbelnya. Kualitas bimbel kantor pusat berbeda dengan cabangnya terlalu jauh dengan kantor pusat akan sulit dikontrol oleh pusatnya, buku boleh sama tapi apakah standar pengajarnya juga sama?

Oleh: Nanik Ekawati, S. Pd
Guru Kelas di SD Negeri Jombang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.