Warga Sejakah Dambakan Jalan Mulus, Namun Pengerjaan Pengaspalannya Tak Kunjung Rampung

KabarKalimantan, Kotabaru – Warga Desa Sejakah, Kecamatan Pulau Laut Timur Kabupaten Kotabaru, meminta proyek pengerjaan peningkatan ruas jalan Tanjung Seloka-Berangas yang dikerjakan PT Jati Baru selesai tepat waktu.

Pengerjaan proyek dengan nilai kontrak Rp 16 miliar lebih itu bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) yang pengerjaannya dimulai pada 26 Maret sampai 21 September 2021 dari pengerasan sampai pengaspalan.

Namun dengan waktu pelakasanaan yang tinggal sedikit, tetapi pengaspalan belum dilaksanakan kontraktor pun menjadi sorotan masyarakat yang mendambakan agar jalan mulus tanpa ada satupun berlobang.

“Saya harap pelaksanaan hingga pengaspalan selesai tepat waktu. Supaya masyarakat bisa menikmati kondisi jalan lebih nyaman,” ungkap Sekretaris Desa Sejakah Widiya.

Meski demikian, Widiya seakan pesimistis. Alasannya, saat ini ada titik jalan yang sudah dikerjakan pengerasan, namun tergenang air. “Kalau ditinggikan lagi pengerasannya, apakah waktunya cukup. Selain itu, dananya pasti akan bertambah,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Gapensi Kotabaru Winarto Hadi saat ditanya terkait proyek tersebut mengatakan, harus tahu dulu berapa progres fisik kegiatan. Menurutnya, peningkatan jalan biasanya keterlambatan ada maksimumnya, soal fisik dan realisasi.

Terkait kegiatannya pun ada batas maksimal, tapi apakah pernah pihak PUPR Kotabaru memberikan SP (surat peringatan). “Kalau sudah pernah dikasih SP 1, 2 atau 3 pekerjaan peningkatan jalan tersebut, pihak PUPR Kotabaru atau pemda bisa memutus kontraknya. Kalau ada minus melebih batas maksimal, namun misal belum ada pemberian SP terhadap kontraktornya maka yang salah pihak penyedia jasa,” ucapnya.

“Sekarang ini progresnya berapa, kalau minus terlalu banyak, biasa bisa pekerjaan diputus di tengah jalan. Bisa diberi adendum waktu, tapi tetap tidak boleh melebihi minus yang maksimal,” tanya Winarto.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *