DPRD Dukung Kebijakan Pemkot Tertibkan Baliho di Banjarmasin

KabarKalimantan, Banjarmasin – Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan DPRD Banjarmasin, Taufik Husin mendukung upaya Pemkot Banjarmasin untuk menertibkan baliho bando yang ada di kota ini.

Pasalnya, keberadaan reklame jenis bando dinilai sudah melanggar Bab II Bagian Kedua Pasal 8 huruf b Perda Nomor 16 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Reklame.

Baca Juga :   Buntut Salah Tafsir, Cetakan Alquran di SMAN 1 Martapura Ditarik

Walikota Banjarmasin Ibnu Sina pun telah mengeluarkan kebijakan untuk penertiban baliho bando yang terpampang pada sejumlah Jalan di Kota Seribu Sungai.

Hal ini bisa dilakukan ujar Taufik, asalkan Walikota terlebih dulu mencabut Perwali Nomor 23 Tahun 2016 tentang Petunjuk Teknis Pelaksana Penyelenggaraan Reklame, yang dinilai menjadi payung hukum berdirinya baliho bando.

Baca Juga :   Kapolda Kalsel Jawab Tuntutan Mahasiswa Soal Perusahaan Semen Asing

“Perwali tersebut dicabut dulu, karena tidak sinkron dengan aturan hukum pelarangan baliho bando. Setelah itu, keluarkan Perwali baru yang berisi ketegasan larangan adanya bangunan baliho bando,” ujar Taufik, Kamis (2/9/2021).

Baca Juga :   Tingkatkan Kompetensi dan Profesionlisme Jurnalis dalam Safari Jurnalistik 2018

Taufik mengatakan, ini bertujuan untuk mewujudkan penyelenggaraan reklame di Banjarmasin yang memenuhi etika, estetika, serta memperhatikan ketersediaan ruang publik.

“Keberadaan reklame setidaknya harus memperhatikan aspek keselamatan, bukan hanya aspek bisnis. Ini juga harus disosialisasikan terlebih dulu, sebelum diterapkan,” jelasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.