Kades dan Perangkat Desa Didiklat Penyusunan RPJMDes

KabarKalimantan, Marabahan – Para Kepala Desa (Kades) dan Perangkat Desa se-Kecamatan Anjir Pasar mengikuti Pelatihan Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes). Pelatihan yang diselenggarakan di Hotel Rodhita Banjarmasin ini dibuka Bupati Barito Kuala (Batola) Hj Noormiliyani AS diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) H Zulkipli Yadi Noor, Jumat (10/9/2021) sore.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari, hingga Minggu (12/92021) ini sedikitnya diikuti 47 peserta yang berasal dari 15 desa yang ada di Kecamatan Anjir Pasar.

Baca Juga :   Pandemi Sebabkan Keuangan Batola Menurun

Bupati Batola Hj Noormiliyani AS dalam sambutan disampaikan Sekdakab Batola H Zulkipli Yadi Noor mengapresiasi atas diselenggarakannya kegiatan.

“Semoga momen ini menjadi langkah awal kerjasama yang sinergi semua pihak dalam rangka menciptakan dan meningkatkan tata kelola pemerintahan dan pembangunan desa di seluruh wilayah Batola, khususnya dalam upaya pencapaian visi dan misi pembangunan desa sekaligus mewujudkan visi dan misi pembangunan daerah serta pembangunan nasional,” ucapnya.

Menyinggung tetang pelatihan, bupati menyatakan, dilaksanakan dalam upaya penyempurnaan penyusunan rencana pembangunan jangka menengah desa.

Baca Juga :   Bupati Serahkan 2 Hadiah Umrah Vaksinasi Secara Tunai

“Dalam penyusunan RPJMDes harus melibatkan semua unsur masyarakat dengan harapan produk yang dihasilkan menyerap semua aspirasi masyarakat, karena sekarang ini pembangunan dimulai dari desa sedangkan RPJM Desa sendiri merupakan induk dari program kerja 6 tahun kades terpilih,” paparnya.

Dalam penyusunan RPJMDes, saran bupati, harus menyesuaikan visi misi kades dengan kebijakan pemerintah kabupaten agar tidak terjadi tumpang tindih yang menghambat proses pembangunan daerah.

Baca Juga :   Kapolda Kalsel: Kasus Jembatan Mandastana ke Penyidikan

“Pemberdayaan desa dalam upaya mewujudkan masyarakat maju, adil dan sejahtera sangat ditentukan semua pihak dalam melaksanakan peran dan fungsi secara baik dan profesional sesuai kedudukan masing-masing,” ujar bupati.

Sebelumnya, panitia penyelenggaran yang juga Ketua BKAD Kecamatan Anjir Muara, Gazali Rahman mengatakan, tujuan dilaksanakannya pelatihan untuk memberikan pengetahuan dalam penyusunan arah kebijakan dan program serta kegiatan operasional tahunan dalam rentang waktu 6 tahun dan tersusunnya draft RPJMDes masing-masing desa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.