Jembatan Sei Alalak 1 Dibuka Khusus Angkutan Ringan

  • Whatsapp

KabarKalimantan, Banjarmasin – Jembatan Alalak 1 akhirnya dapat dilalui kendaraan roda dua dan roda empat untuk umum. Terlihat ratusan kendaraan hilir mudik melintasi jembatan usai dapat dilalui sejak pukul 15.30 Wita, Minggu (26/9/2021).

Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Kalimantan Selatan Syauqi Kamal menyampaikan, dibukanya Jembatan Alalak 1 ini atas perintah Presiden RI Joko Widodo. “Kita dapat intruksi dari pusat untuk dibuka dan saya pikir ini juga karena aspirasi masyarakat,” katanya.

Ia menuturkan, jembatan sementara hanya diperbolehkan melintas untuk roda dua dan roda empat. Sedangkan untuk angkutan yang berat belum diperbolehkan hingga menunggu peresmian.

Baca Juga :   Kabupaten Gambut Raya Ditarget Berdiri 2020

“Jadi sementara soft opening ini hanya untuk angkutan ringan, sedangkan untuk truck dan angkutan berat lainnya akan diarahkan oleh petugas,” ucapnya.

Jembatan sendiri, menurut Syauqi akan terus dibuka hingga nanti pada saat peresmian jembatan tanpa ada buka tutup atau jam tertentu untuk melewatinya.

“Jadi nanti rencananya ditutup sementara untuk persiapan peresmian dan setelah selesai peresmian akan dibuka kembali,” katanya.

Ia berharap, kendaraan dapat tertib sesuai dengan aturan sementara ini.

Sementara itu, Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden mengatakan, desakan warga Kalimantan Selatan ini mendapat perhatian Presiden Joko Widodo. Mengetahui pentingnya pembukaan jembatan ini untuk masyarakat, Presiden meminta agar jembatan ini segera dibuka.

Baca Juga :   Pemulihan Ekonomi Akibat Covid-19, Hermansyah Resmikan KCM

“Benar, Bapak Presiden meminta agar Jembatan Alalak ini segera dibuka. Kami saat ini sedang berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,” katanya dalam siaran pers.

Adapun, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyatakan kesiapan pihaknya untuk melaksanakan arahan Presiden. “Kami telah melakukan pengecekan akhir kondisi jembatan tersebut dan siap dibuka sesuai arahan Presiden,” ucap Basuki.

Basuki menyampaikan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan.

Baca Juga :   Efendi Dilantik Menjadi Ketua Kadin Banjarmasin

“Kami akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan Polda Kalimantan Selatan terkait koodinasi untuk ujicoba operasional terbatas ini. Dan juga untuk melakukan pengawalan dan pengamanan,” ucap Basuki.

Basuki meminta agar masyarakat mentaati aturan lalu lintas. Selain itu, ia pun meminta agar kendaraan roda dua dan mobil penumpang tidak parkir atau berhenti di atas jembatan.

“Kami khawatir karena jembatan baru, masyarakat ingin berhenti untuk melihat jembatan atau berfoto. Mohon untuk kepentingan bersama kita tertib dan mentaati aturan lalu lintas,” pungkas Basuki.

Syahri Ramadhan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *