Membiasakan Hidup Sehat dan Disiplin dalam Kehidupan Sehari-hari

HIDUP sehat adalah hak dan pilihan setiap orang, keadaan tubuh yang sehat baik secara jasmani dan rohani adalah dambaan setiap insan manusia. Namun hal itu juga tergantung dari masing-masing individu, apakah ingin hidup sehat ataupun malah sebaliknya. Keadaan sehat berarti memiliki tubuh yang sehat secara utuh lahir dan batin. Hidup sehat adalah sesuatu yang berharga. Jika memiliki tubuh yang sehat tentunya akan berdampak ke aspek kehidupan lainnya. Sebut saja contohnya ilmu pengetahuan. Dalam keadaan yang tidak sehat akan mustahil untuk mencari ilmu pengetahuan. Demikian juga dengan kekayaan. Jika tubuh tidak bisa diajak bekerja karena terserang penyakit, akan mustahil untuk bekerja dan mencari nafkah.

Dalam deklarasi Hak-Hak Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tanggal 10 november 1948 menyatakan bahwa setiap orang berhak atas taraf kehidupan yang memadai untuk kesehatan dan kesejahteraan dirinya sendiri serta keluarganya. Berdasarkan pernyataan tersebut membuktikan bahwa setiap orang yang ada di bumi ini berhak atas kesehatannya. Oleh karena itu setiap orang boleh memperjuangkan kesehatannya sendiri.

Baca Juga :   Membiasakan Memotivasi Siswa Jangan Mudah Menyerah

Kesehatan sendiri adalah aset yang tak ternilai harga nya. Banyak orang rela mengeluarkan banyak uang untuk tetap sehat. Menjaga kesehatan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Seperti menjaga pola makan , berolahraga dengan teratur, menjaga pola tidur, dan masih banyak lagi yang lainnya. Memang sulit jika hanya memikirkan hal itu. Namun, usaha yang dilakukan untuk menjaga kesehatan tersebut akan mendapatkan hasil yang seimbang dengan apa yang kita lakukan. Dengan menerapkan pola hidup sehat, penyakit-penyakit yang dapat membahayakan tubuh akan menjauh. Mulai dari penyakit yang tergolong ringan sampai yang berat sekalipun. Beberapa pola hidup sehat yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari adalah mendapatkan asupan makanan yang tepat.

Pernahkah mendengar istilah empat sehat lima sempurna? Semua orang di Indonesia pasti pernah mendengar istilah ini dari waktu masih duduk di bangku sekolahan. Ya, memang istilah ini digunakan untuk menyamakan persepsi tentang makanan bagi warga masyarakat indonesia. Melalui istilah ini diharapkan agar masyarakat Indonesia memahami tentang makanan apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh.

Baca Juga :   Pusat Pendidikan Pertama adalah Keluarga

Sebenarnya pengertian dari istilah ini adalah membagi sumber makanan menjadi empat sumber nutrisi penting yaitu makanan menjadi empat sumber nutrisi penting yaitu makanan pokok, lauk, sayur, buah, dan akhirnya disempurnakan oleh susu.

Makanan pokok adalah sumber dari kalori yang mampu menghasilkan tenaga, protein dalam lauk yang berfungsi sebagai zat pembangunan, vitamin dan mineral dan sayur, dan buah yang mengandung nutrisi untuk memelihara kesehatan tubuh. Namun, seseorang ahli gizi bernama Dr. Martalena Br Purba mengatakan bahwa istilah empat sehat lima sempurna sudah tidak relevan lagi untuk di terapkan karena sifatnya terlalu umum. Untuk itu, saat ini ada istilah pengganti untuk istilah empat sehat lima sempurna yaitu tumpeng gizi seimbang (TGS). TGS dirancang untuk membantu setiap orang untuk memilih makanan dengan jenis dan jumlah yang tepat.

Baca Juga :   Kenakalan Remaja yang Sering Terjadi di Sekitar Kita

Untuk itu, memilih dan mengkonsumsi makanan dengan nutrisi yang tepat sangat baik dilakukan untuk menjaga kesehatan. Secara tidak langsung, maka yang kita konsumsi dan memiliki kandungan nutrisi yang tepat dapat menjaga tubuh kita dari serangan berbagai penyakit. Jauhi dan hindari rokok. Rokok adalah suatu kebiasaan yang sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat indonesia. Hindari mengkonsumsi alkohol, pecandu alkohol sama dengan pecandu rokok.

Jika sudah terbiasa untuk mengkonsumsi alkohol akan sulit untuk menjauhinya. Olahraga secara teratur adalah salah satu syarat untuk hidup sehat. Banyak orang yang enggan untuk berolahraga dengan berbagai alasan mulai dari kesibukan sampai memang malas untuk berolahraga. Memperbaiki kualitas tidur, setelah melakukan banyak aktivitas tentunya seseorang akan merasakan kelelahan. Hal ini juga dapat mempengaruhi kualitas kesehatan manusia.

Oleh: Akhmad Baijuri S.Pd
Guru Kelas di SD Negeri 2 Pasar Baru

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.