Pemprov Kalsel Tes Urine ASN/Tenaga Kontrak

  • Whatsapp

KabarKalimantan, Banjarbaru – Sebagai bagian dari komitmen Gubernur Kalimantan Selatan mendukung gerakan bebas dari penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang , para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan PTT di lingkungan Pemprov Kalimantan Selatan mengikuti tes urine anti narkoba.

Bekerjasama dengan Laboraturium Kesehatan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, tahap awal percontohan dilakukan kepada seluruh ASN/ PTT Biro Administrasi Pimpinan Setda Kalsel dan dari semua pegawai yang dites urine pada hari itu yakni berjumlah 46 orang dinyatakan non reaktif.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Roy Rizali Anwar mengatakan, tes urine di kalangan ASN dan PTT di lingkungan Pemprov Kalsel ini, bagian dari implementasi dan komitmen Gubernur Kalsel mendukung gerakan bebas dari penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang,

Baca Juga :   KPU Kalsel Bantah Telah Terjadi Pergeseran Suara

“Kegiatan uji urine di kalangan ASN/PTT ini digelar secara bertahap,” katanya.

Ia menambahkan, tes urine di kalangan ASN dan PTT, telah dilakukan beberapa kali, bahkan dirancang dadakan. Menurutnya, ASN sebagai pelayan masyarakat harus bisa menjadi contoh bagi seluruh masyarakat untuk menjauhi narkoba.

“Imbauan saya kepada seluruh ASN/PTT jangan sampai mencoba-coba untuk menggunakan narkoba dalam bentuk apapun. Karena dengan narkoba masa depan akan hancur,” ucapnya.

Baca Juga :   Bersih-bersih, 60 Warga Tanjung Priok Ikuti Program Padat Karya

Sementara itu, Kepala Labkesda Kalsel, dr Susi Hermina menjelaskan pelaksanan tes urine sebagai kebijakan gubernur menindaklanjuti regulasi pusat.

Menurut Susi, kegiatan yang dirancang dadakan ini sebagai upaya untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan narkoba oleh ASN dan tenaga kontrak lingkup Pemprov Kalsel.

Jika ada pegawai yang terkena dampak awal dari penyalahgunaan narkoba akan dilakukan pembinaan dan pantauan serta pemberian edukasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba.

“Semua SKPD akan kami sasar, tanpa pemberitahuan dilakukan pemeriksaan,” pungkasnya.

Baca Juga :   BLF Minta Pemkab HSS Evaluasi Perizinan PT SAM

Pelaksanaan tes urine ini merupakan program nasional Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) dan Bela Negara.

Dasar yuridis Instruksi Presiden No. 6 Tahun 2018 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN) Tahun 2018. – 2019 Kementerian/Lembaga.

Kemudian Surat Edaran Menteri PANRB No. 50 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika Dan Prekursor Narkotika Di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Syahri Ramadhan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *