Kompetisi Pencak Silat Uncle Birin, Asah Kesiapan Atlet Muda

KabarKalimantan, Martapura – Sebanyak 100 pesilat remaja dari 20 perguruan se-Kalimantan Selatan mengikuti Kompetisi Pencak Silat Remaja Piala Uncle Birin Cup yang diharapkan dapat menjadi embrio dalam menghadapi kompetisi dan kejuaraan level atas.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor saat membuka Kegiatan Open Pencak Silat Remaja Uncle Birin Cup Antar Perguruan se – Kalsel Tahun 2021, di Kiram Park, Kabupaten Banjar, Senin (1/11/2021).

Gubernur Kalsel yang akrab disapa Paman Birin ini mengatakan, segala sesuatu mesti ada persiapan, termasuk dalam mengikuti kompetisi. Persiapan yang dimaksud ialah persiapan dengan latihan terus menerus dan dibuktikan dalam kompetisi

Baca Juga :   11 Mobil Retro Touring ke Tiga Negeri

“Dengan latihan terus menerus, pasti akhirnya akan menjadi mahir,” katanya.

Ia menuturkan, kompetisi ini juga sebagai pembuka embrio dalam melaksanakan kejuaraan lainnya, karena olahraga seperti pencak silat ini dituntut harus latihan dan dibuktikan pada saat pertandingan.

“Saya harap pencak silat akan bicara banyak pada PON 2024 mendatang. Ini bukan sekadar basa-basi, tapi menuntut kita harus bergerak, ya latihan,” ucapnya.

Paman Birin berharap, dengan semakin lebih mengasah atlet-atlet Banua selalu siap di setiap medan untuk bertanding, karena pencak silat ini adalah olahraga tradisional kaum milenial.

Baca Juga :   Program Pasar Murah Minyak Goreng dan Gula Tahap 2 Sasar 3 Kecamatan

“Saya sendiri dari kecil kebetulan ayah saya guru silat. In syaa Allah bermanfaat untuk anak-anak kita, percaya diri dan ingat, semakin berilmu semakin menunduk seperti ilmu padi,” kata Paman Birin.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Pemerintah Provinsi Kalsel Hermansyah mengatakan, animo keikutsertaan peserta yang luar biasa menjadi suatu kebanggaan.

“Seperti yang disampaikan Paman Birin, dengan banyaknya kompetisi maka kita akan menghasilkan pesilat yang berlaga pada kejuaraan tinggi lagi dan even ini akan terus kita laksanakan,” katanya.

Baca Juga :   Hermansyah Khawatir Pemindahan KPA Bermasalah

Ia menambahkan, untuk PON 2024 nanti ingin agar pencak silat ini bisa berprestasi lagi dan semoga di PON 2024 akan bertambah prestasi yang diraih.

“Dengan demikian, maka akan menghasilkan pesilat-pesilat handal di Kalsel,” ucapnya.

Herman juga menuturkan, saat ini perkembangan silat di Kalsel sudah bagus. Terlebih, dengan adanya pertandingan seperti ini, animo perguruan untuk melaksanakan pelatihan bisa terus ditingkatkan.

“Kita akan terus melaksanakan kompetisi. Jadi kompetisi ini nanti berjenjang, mungkin nanti ada pelajar dan mahasiswa, sehingga kita sudah siap pelapis-pelapisnya,” pungkasnya.

Syahri Ramadhan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.