Pemkab Balangan Gelar Apel Gabungan Kesiapsiagaan Bencana Banjir, Tanah Longsor dan Cuaca Ekstrem

KabarKalimantan, Paringin – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Balangan menggelar apel gabungan siaga darurat penanganan banjir, tanah longsor, dan cuaca ekstrem akibat peralihan musim kemarau ke musim hujan.

Dalam apel kesiapsiagaan yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Balangan, Paringin Selatan, Selasa (2/11/2021) itu, Bupati Balangan H Abdul Hadi mengatakan, apel siaga darurat bencana ini dilaksanakan mengingat BMKG telah menyatakan saat ini sudah memasuki musim penghujan.

Baca Juga :   Polres Balangan Salurkan 10 Ton beras untuk Warga Terdampak Covid-19

“Sebagaimana yang dijelaskan pihak BMKG saat virtual zoom kemarin, bahwa kita sudah memasuki musim penghujan dan puncaknya diperkirakan di bulan Januari dan Februari. Tapi saat ini curah hujan sudah mulai tinggi,” ujarnya.

Melalui apel gabungan kesiapsiagaan dalam rangka menyambut kondisi tersebut, sehingga dengan adanya kesiapsiagaan ini paling tidak bisa meminimalisir dampak-dampak yang ditimbulkan banjir, tanah longsor, dan cuaca ekstrem tersebut.

Baca Juga :   Polres Ungkap 17 Pelaku Kriminal di Balangan

“Saat ini Pemkab Balangan telah menyiapkan anggota TRC dan tim di masing-masing kecamatan, dengan total personil TRC dari BPBD itu 35 orang,”tambahnya.

Ditambahkannya, nantinya anggota yang terlibat akan ditempatkan di wilayah rawan terjadi bencana seperti di Kecamatan Juai, Tebing Tinggi, Halong, dan ada beberapa titik di Kecamatan Lampihong.

Sementara itu, Plt Kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balangan H Rahmi menyebutkan, dalam menghadapi kemungkinan bencana yang terjadi akibat musim hujan ini, pihaknya telah melakukan berbagai langkah, seperti berkoordinasi dengan SKPD dan para stakeholder terkait, serta melakukan pendataan kesiapsiagaan logistik, peralatan sarana, dan personil di masing-masing kecamatan.

Baca Juga :   Pemkab Balangan dan Kejari Balangan Teken MoU Penanganan Permasalahan Perdat dan TUN

“Kedepannya kita berencana akan melakukan simulasi atau latihan, di titik wilayah rawan bencana yang telah disebutkan Bupati Balangan. Sehingga ketika terjadi bencana semua telah siap,” ungkapnya.

Hadrianor

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.